Search

Mutu Ikan di Kota Palembang Bakal Terus Dipantau, Baik Pasar ...

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ikan menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi masyarakat, karena banyak mengandung protein dan vitamin didalamnya.

Maka itu, guna menjaga mutu ikan yang ada di Palembang, Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan (SKIPM) Palembang rutin mengadakan sidak ke pasar maupun supermarket.

Kepala SKIPM Palembang, Sugeng Prayogo saat silaturahmi dan sharing informasi dengan insan pers di Kantor SKIPM Palembang, Jumat (13/4/2018) mengatakan, bahwa ia telah melakukan sidak ke Pasar Jakabaring.

Baca: Warga PALI Heboh, Mayat Membusuk Ditemukan di Dalam Sungai Kecil, Diduga Karena Ini

"Hampir 90 persen ikan yang ada di Palembang masuk dari Pasar Jakabaring. Untuk itu kami sudah melakukan sidak ke Pasar Jakabaring dan hasilnya bagus. Kami tidak hanya melakukan sidak di Pasar Tradisional saja, melainkan ke supermarket juga," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada tanggal 21 April mendatang akan melakukan sidak ke supermarket.
Sidak yang di lakukan nanti bukan untuk menguji ikan yang ada, melainkan untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang pemilihan ikan yang bermutu dan layak dikonsumsi.

Baca: Rilis Pembunuhan Sopir Gocar Kapolda Sumsel Bacakan Surat Cinta Dari Kekasih Hengki Sulaiman

"Kegiatan yang dilakukan SKIPM ini memang agak berbeda dengan sidak pada umumnya. Nantinya masyarakat yang berbelanja di supermarket akan di edukasi dan diubah pola pikirnya tentang pemilihan ikan yang bermutu," ujarnya.

Baca: Anak Dianiaya Sesama Pelajar Tanpa Sebab, Warga Kenten Laut Ini Lapor Polisi

Ia pun menjelaskan, cara memilih ikan yang bermutu yaitu dilihat dari matanya jernih, tidak ada putih-putih berkabut atau pendarahan. Lalu ingsangnya masih merah tidak coklat atau putih. Kemudian sisik siripnya masih utuh dan kulitnya tidak robek. Kalau di tekan-tekan kenyal dan aromnya tidak amis.

"Selain melakukan di pasar dan supermarket kita juga ada kegiatan goes to school yaitu mengedukasi anak-anak tentang ikan yang layak dikonsumsi," jelasnya. (*) 

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://palembang.tribunnews.com/2018/04/13/mutu-ikan-di-kota-palembang-bakal-terus-dipantau-baik-pasar-maupun-supermarket

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mutu Ikan di Kota Palembang Bakal Terus Dipantau, Baik Pasar ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.