Search

Berapa Lama Idealnya Menyimpan Daging, Ayam, dan Ikan di ...

SEBELUM teknologi lemari pendingin ditemukan, orang-orang pada zaman dahulu memanfaatkan salju dan cuaca dingin untuk mengawetkan makanan mereka. Caranya dengan menggali lubang di tanah, lalu meletakkan bahan makanan yang kemudian ditutupi oleh jerami dan tumpukan salju.

Tetapi pada pertengahan 1800-an, lemari pendingin pun berhasil diciptakan sehingga mengubah tradisi pengawetan makanan tersebut. Meskipun dibutuhkan beberapa waktu untuk adaptasi, secara perlahan lemari pendingin atau kulkas juga mengubah bagaimana cara kita mengonsumsi dan menyimpan makanan.

Bahkan, saat ini kulkas telah menjadi peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh setiap rumah. Sayangnya, sebagian besar orang masih banyak yang belum mengetahui cara menyimpan bahan makanan seperti daging ayam ke dalam freezer. Contoh kecilnya, Anda mungkin pernah menyimpan daging ayam yang sudah dibekukan untuk waktu yang lama.

Jika sudah demikian, sebagian orang cenderung membuangnya karena mereka merasa bahwa makanan tersebut, sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Untuk menghindari hal tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui masa simpan yang tepat untuk penyimpanan daging ayam.

Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA), cara terbaik untuk menyimpan daging ayam dikulkas adalah dengan menggunakan zip-bag atau wadah plastik khusus. Sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, tulislah tanggal penyimpanan pada bagian permukaan plastik. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui sudah berapa lama daging disimpan di dalam lemari pendingin. Pasalnya, tidak ada satupun jenis daging yang dapat bertahan hingga satu tahun tanpa mengurangi kualitasnya.

Selain itu, Anda harus cermat memeriksa fisik daging ayam itu sendiri. Perhatikan apakah daging ayam mulai mengeluarkan atoma tidak sedap atau warna daging sudah berubah menjadi keabua-abuan. Jika sudah demikian, sebaiknya segera buang daging ayam tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian dilansir dari Huffingtonpost, (6/4/2018).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berapa lama waktu yang ideal untuk menyimpan daging ayam, ikan, dan daging sapi di kulkas, berikut laporan lengkap USDA yang berhasil dirangkum Okezone.

1. Daging sapi, kambing, dan babi dapat bertahan hingga 3-5 hari jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius, dan 6-12 bulan jika disimpan pada suhu -17 derajat celcius.

2. Daging ayam dapat bertahan hingga 1-2 hari jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius, dan 1 tahun jika disimpan pada suhu -17 derajat celcius.

3. Ikan dapat bertahan hingga 1-2 hari jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius

(ren)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/06/298/1883033/berapa-lama-idealnya-menyimpan-daging-ayam-dan-ikan-di-kulkas-ini-jawabannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berapa Lama Idealnya Menyimpan Daging, Ayam, dan Ikan di ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.