Search

BKIPM Datangi Pasar-pasar Sosialisasikan Ciri-ciri Ikan Sehat ...

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Balai Karantina Ikan dan Pengembangan Mutu (BKIPM) Semarang pada bulan April 2018 ini bakal mendatangi pasar-pasar, baik tradisonal maupun modern.

Agenda tersebut untuk mensosialisasikan tips cara memilih ikan yang baik dan bermutu.

Tak hanya ikan, BKIPM juga menyasar udang, cumi, dan kerang.

Pada Selasa (10/4/2018) ini, tim BKIPM pun mendatangi Hypermart Java Mall untuk memberitahu kepada para konsumen.

Kasi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi (P2I) BKIPM Semarang Widodo Nugroho Subari menuturkan bahwa agenda tersebut untuk memastikan mutu kualitas ikan yang akan menjadi konsumsi masyarakat.

"Ini agenda 'BKIMP Goes To Market'. Untuk sosialsasi kepada masyarakat tips memilih ikan yang baik. Besok Rabu (11/4/2018), kami akan menggelar kegiatan serupa di Pasar Bulu," kata Widodo kepada Tribunjateng.com, Selasa (10/4/2018).

Tal hanya itu, pihaknya juga berencana menggelar rutin operasi ke pasar-pasar untuk memonitoring kesegaran, residu, dan bahan berbahaya pada ikan.

"Itu dilakulan tiga kali dalam setahun. Jadi pada bulan April ini kami akan ke menyasar wilayah Semarang, Tegal, dan menyasar wilayah pantura. Tanggal 16 April 2018 - 20 April 2018 itu nanti ke Pekalongan, Pati, dan juga Rembang bersama tim BKIPM pusat," jelasnya.

Menurut Widodo, ciri-ciri ikan bermutu memiliki dua kategori di antaranya, ikan berformalin ataupun tidak.

Jika berformalin, kata Widodo, biasanya tidak ada lalat seperti di supermarket modern.

"Dilihat teksturnya keras atau tidak. Kalo memakai formalin biasanya keras dan berbusa saat dimasak. Sedangkan non formalin, ikan itu pasti ada lalatnya," lanjutnya.(*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jateng.tribunnews.com/2018/04/10/bkipm-datangi-pasar-pasar-sosialisasikan-ciri-ciri-ikan-sehat-seperti-apa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BKIPM Datangi Pasar-pasar Sosialisasikan Ciri-ciri Ikan Sehat ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.