Search

Pasca Temuan BPOM, Industri Ikan Kalengan Diharapkan Tetap ...

Gabungan Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) berharap  industri pengalengan ikan bisa tetap berproduksi pasca  dilakukan penarikan produk ikan makarel kalengan dari pasar  oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Pasalnya kontribusi sektor perikanan terhadap total penjualan  industri makanan saat ini nilainya diperkirakan sekitar Rp 200 hingga Rp 300 miliar.

Ketua Gapmmi Adhi Lukman menyatakan kontribusi sektor perikanan terhadap penjualan makanan mencapai miliaran rupiah. Asosiasi pun berharap industri pengalengan ikan makerel tetap berjalan untuk tetap memberikan sumbangan terhadap perekonomian nasional.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan

Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.

Alamat email Anda telah terdaftar

Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA

Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi

Silahkan mengisi alamat email

Silahkan mengisi alamat email dengan benar

Masukkan kode pengaman dengan benar

Silahkan mengisi captcha

 “Lumayan besar, perkiraan saya mungkin sekitar 2%-3% dari total capaian Rp 10 triliun,” kata Adhi kepada Katadata di Jakarta, Jumat (6/4).

Adhi mengungkapkan produksi pengalengan ikan makerel dalam negeri tetap dilanjutkan lantaran kontaminasi parasit cacing hanya terdapat pada sebagian produk ikan kaleng tertentu.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mencatat ada 16 merk impor dan 11 merk produksi dalam negeri ikan makerel kaleng yang terindikasi  mengandung cacing parasit Anisakis sp.“Konsumen tidak perlu khawatir karena produk di luar itu sudah aman,” ujar Adhi.

(Baca : Pemerintah Tarik 22 Juta Ikan Makarel Kaleng dari Pasaran)

Sedangkan Ketua Asosiasi Pengalengan Ikan Indonesia (Apiki) Ady Surya mengungkapkan dari total i 44 perusahaan pengalengan ikan yang berproduksi, sekitar  80% hasil produksi dialokasikan untuk pasar ekspor dan sisanya untuk konsumsi dalam negeri.

Sementara ketika disinggung mengenai potensi kerugian,  Ady mengaku pihaknya hingga saat ini masih menghitung jumlah kerugian industri akibat kontaminasi parasit cacing untuk ikan makerel kaleng. “Kami masih hitung angkanya, Perkiraan kami  sekitar miliaran rupiah,” ujar Ady.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto menjelaskan pembinaan industri pengalengan bakal dilakukan secara lebih lanjut  bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Penguatan bakal dilakukan dengan mengikuti aturan manajemen mutu dan keamanan pangan sesuai sertifikat.

(Masih Segelintir Industri Makanan dan Minuman Terapkan Teknologi 4.0)

Penarikan produk sesuai batch juga dilakukan selama 30 hari. “Ke depan, kami bakal mengadakan jaminan bagi produsen dalam negeri bahwa industri telah melakukan pembinaan,” tutur Panggah.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo juga mengungkapkan bahwa industri dalam negeri sudah boleh melakukan produksi. “Silakan melakukan produksi dengan catatan stok bahan baku tidak ditemui parasit,” ujar Nilanto.

Michael Reily

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://katadata.co.id/berita/2018/04/06/pasca-temuan-bpom-industri-ikan-kalengan-diharapkan-tetap-beproduksi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasca Temuan BPOM, Industri Ikan Kalengan Diharapkan Tetap ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.