Search

Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan BKIPM ...

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), melakukan Penyerahan bantuan berupa ikan sehat dan bermutu dalam rangka Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai KIPM Jakarta II bekerjasama dengan Panitia Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor, Badan Riset dan Sumberdaya Manusia (BRSDM) KKP, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, pada, Sabtu (14/4/2018) berlangsung di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan, Cikaret Bogor.

Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor.
Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Kegiatan Bulan Bakti ini adalah wahana informasi dan komunikasi BKIPM KKP dalam meningkatkan peran serta seluruh stakeholder dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kelautan dan perikanan, " ungkap Ibu Rina selaku Kepala BKIPM-KKP disela acara lalu tambanya, penyerahan bantuan dilakukan sebagai wujud penyedian pangan sehat untuk peningkatan gizi masyarakat berupa ikan laut yang sehat dan bermutu.

Ikan laut sehat dan bermutu seberat 5.000 kg diserahkan oleh Ibu Rina selaku Kepala BKIPM kepada Ketua Panitia dengan disaksikan oleh Kepala Pusat Pendidikan BRSDM KKP dan Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan STP Jakarta serta Pejabat Pemkot Bogor.

Bantuan ikan sehat dan bermutu ini diberikan kepada 3.000 Kepala Keluarga di 6 wilayah Kota Bogor dan pendistribusian ikan dilakukan bersama dengan Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor.
Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Diharapkan konsumsi ikan oleh masyarakat akan semakin meningkat sejalan dengan kesadaran akan perlunya asupan gizi yang bersumber dari hayati ikan yang sehat dan bermutu, " harap Ibu Rina didampingi Nandang Koswara.

Ibu Rina menjelaskan tujuan umum penyelenggaraan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan adalah:

Mensosialisasikan peran strategis Badan Karantina ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan.

Membangkitkan dan menggerakan kesadaran masyarakat, stakeholders akan pentingnya program perkarantinaan ikan serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

Memberikan apresiasi atas peran aktif masyarakat, stakeholders dan instansi terkait dalam rangka menjaga kedaulatan, dan keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan.

Mensukseskan program peningkatan gizi masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor.
Reuni Akbar Sekolah Perikanan Bogor. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Tema yang diusung dalam Bulan Bakti 2018 ini adalah  “Melalui Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina (GEMASATUKATA) Kita Wujudkan Penyediaan Pangan Sehat Untuk Peningkatan Gizi Masyarakat ”, tema ini sejalan dengan Instruksi Presiden RI No 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup sehat, " jelas Ibu Rina.

Dan lanjut Ibu Rina, kegiatan Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan ini diharapkan akan dapat terus berlangsung secara berkelanjutan di masa depan sehingga kami bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat kelautan dan perikanan Indonesia dengan mengedepankan prinsip - prinsip: Profesional, Akuntabel, Sopan, Terukur dan Inovatif, "pungkas Ibu Rina.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/16/bulan-bakti-karantina-ikan-dan-mutu-hasil-perikanan-bkipm-serahkan-ikan-laut-kepada-masyarakat-bogor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan BKIPM ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.