Search

Ikan Sarden Bebas dari Cacing Parasit, Aman Dikonsumsi

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Rilis dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pusat yang menyatakan bahwa ada 27 produk ikan kaleng yang berbahan utama ikan Mackerel diduga mengandung cacing parasit. Sedangkan ikan kaleng Sardent aman dikonsumsi karena tidak mengandung cacing parasit.

Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tarakan bertindak cepat melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Tim gabungan petugas yang terdiri Disperindagkop dan UMKM, BPOM Tarakan sidak ke sejumlah pusat perbelanjaan dan toko besar yang ada di Kota Tarakan Provinsi Kaltara, Senin (2/4).

Kepala Bidang Penguatan dan Pengembangan Perdagangan, Disperindagkop dan UMKM, Romli mengungkapkan, pihaknya telah meminta kepada pemilik pusat perbelanjaan dan pedagang untuk menarik produk ikan kaleng Mackerel karena diduga mengandung cacing parasit.

"Kami minta para pedagang tarik produknya dan tidak lagi dijual di pasaran. Produk ikan kaleng Mackerel ditarik dan segera dikembalikan (retur) kepada distributornya. Kita sudah hubungi distributornya dan siap menerima retur tersebut," ucapnya.

Romli mengatakan, dalam sidak di sejumlah pusat perbelanjaan dan toko besar ditemukan produk ikan kaleng Mackerel. Namun ikan kaleng Mackerel ini telah ditarik dari pasaran dan kini disimpan di gudang.

"Tadi waktu kita sidak masih menemukan produk ikan kaleng Mackerel ini. Tapi semua sudah ditarik. Apalagi distributornya menerima pengembalian ikan kaleng Mackerel terlanjur beredar," katanya.

Bagaimana dengan toko-toko dan warung-warung kecil yang masih menjual produk ikan kaleng Mackerel? "Karena petugas kita terbatas untuk melakukan sidak ini, kita berharap melalui media ini dapat diketahui para pedagang untuk segera menarik produknya, karena produk ini diduga mengandung cacing parasit," ujarnya.

Diakui, Romli, masih ada sebagian masyarakat yang berasumsi bahwa semua ikan kaleng itu diduga mengandung cacing parasit. Padahal hal itu tidak benar, karena yang diduga mengandung cacing parasit adalah ikan kaleng yang bahan utamanya ikan Mackerel.

"Memang ada masyarakat yang menyamaratakan semua ikan kaleng itu mengandung cacing parasit. Tentunya informasi ini tidak benar, karena yang diduga mengandung cacing parasit itu ikan kaleng yang bahan utamanya ikan Mackerel. Kalau ikan kaleng jenis Sardent yah aman. Apalagi ikan kaleng Mackerel ini harganya lebih mahal daripada ikan Sardent," ucapnya. (*)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://kaltim.tribunnews.com/2018/04/02/ikan-sarden-bebas-dari-cacing-parasit-aman-dikonsumsi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikan Sarden Bebas dari Cacing Parasit, Aman Dikonsumsi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.