Search

Dua Ton Ikan Sapu-sapu Ditangkap di Sungai Kemuning

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Warga berbondong-bondong menceburkan diri ke Sungai Kemuning di Kampung Pelangi. Keseruan ini tampak karena warga ikuti lomba menangkap ikan sapu-sapu, Rabu (18/4/2018).

Firman dari Guntung Paring dengan jumlah tangkapan sebanyak 754 ekor ikan sapu sapu. Dia jadi juara. Kebahagiaan juga dirasakan oleh Madi warga Kemuning jadi juara kategori tangkapan ikan terbesar karena berhasil tangkap ikan seberat 840 gram dengan panjang 50 sentimeter.

Total semua tangkapan adalah sebanyak 5.424 ekor ikan sapu sapu dengan total berat 2 ton. Selanjutnya seluruh ikan sapu sapu yang tertangkap akan dimusnahkan di Balai KIPM Banjarmasin.

Kemeriahan masih dalam rangkaian kebersamaan kegiatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu dan Hari Jadi ke 19 Kota Banjarbaru.

Baca: Masih Ingat Diding Boneng? Usai Komentari Warkop DKI, Nasib Diding Boneng Kini Bikin Sedih

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) RCTI Bournemouth vs Manchester United Liga Inggris Pekan 35 Malam Ini

Balai KIPM Banjarmasin bekerja sama dengan Pemko Banjarbaru menyelenggarakan lomba itu.

Wakil walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan tampak antusias ketika hadiri kegiatan lomba ini, ratusan warga mengikuti dan diantaranya perwakilan dari kalangan mahasiswa.

Darmawan mengatakan kegiatan dalam rangka menjaga lingkungan perairan Banjarbaru. Dia juga berharap semua pihak berperan aktif menjaga sungai kemuning dan menjaga kelangsungan perikanan.

Baca: Keistimewaan dan Amalan Bulan Syaban, Mulai Doa, Puasa hingga Bacaan Alquran

Kepala Balai KIPM Banjarbaru menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah Dalam rangka pengendalian IAS ( Invasif Alien Species ) serta mendukung carrying capacity fresh water agar tercipta kondisi perairan yang seimbang.

Menelisik ke belakang ikan sapu-sapu bukanlah ikan asli Indonesia, akan tetapi berasal dari negara lain. Dalam jumlah kecil ikan ini akan memberikan manfaat, akan tetapi jika dalam jumlah yang besar ikan ini akan jadi kompetitor dan ancaman bagi ikan lain.

"Dengan perairan yang terjaga kebersihannya akan mendukung program Impres no 01 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," katanya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/04/18/dua-ton-ikan-sapu-sapu-ditangkap-di-sungai-kemuning

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dua Ton Ikan Sapu-sapu Ditangkap di Sungai Kemuning"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.