Search

Unik, 3 Ikan Ini Punya Corak Batik Lho! Bisa Ditemukan di Indonesia!

TRIBUNJATENG.COM – Sebagai orang Indonesia, tentu kamu bangga dengan batik. Tapi ternyata tak hanya pada kain, gaun atau kemeja saja, keindahan batik kini bisa kamu temukan pada satu bintang laut yang lucu, yakni ikan!   

Yup, biota laut seperti ikan ternyata ada yang memiliki corak indah seperti batik. Misalnya ada ikan Batik Oscar.

Ikan Batik Oscar. (Sea World Ancol)
Ikan Batik Oscar. (Sea World Ancol) (ISTIMEWA)

Menurut majalahikan.com, ikan bernama latin Astronotus ocellatus ini berasal dari sungai Amazon dan tumbuh hingga ukuran 40 cm dengan umur 10 sampai 12 tahun.

Tak hanya cuma ikan Batik Oscar saja, ternyata ada ikan batik lain dengan corak indah, yakni ikan Discus.

Ikan Discus
Ikan Discus (ISTIMEWA)

Dari situs bobo.grid.id, ikan Discus adalah jenis ikan hias air tawar yang berbentuk pipih dengan corak indah seperti keindahan pola Batik Mega Mendung.

Memiliki nama latin symphysofon spp dan panjang 20-25 cm, uniknya ikan ini hidup berkelompok serta sangat sensitif dengan perubahan kualitas air dan suhu.

Kemudian ada ikan Mandarin. Ikan bernama latin Synchiropus splendidus ini memiliki panjang 8-15 cm dan berasal dari Samudra Pasifik, yakni dari Kepulauan Ryukyu sampai Australia.

Ikan Mandarin yang memiliki corak seperti Batik Pesisir. (Underwater Photography Guide)
Ikan Mandarin yang memiliki corak seperti Batik Pesisir. (Underwater Photography Guide) (ISTIMEWA)

Memiliki corak dan warna tubuh rupawan seperti Batik Pesisir yang berani akan warna, ikan ini ternyata memiliki kebiasaan yang unik, yakni suka bermain ‘petak umpet’ di antara habitatnya yang terdiri dari susunan terumbu karang bercelah.

Untuk melihat ketiga biota laut bercorak batik tersebut pun, kamu tak perlu jauh-jauh pergi hingga ke Amazon atau ke Australia, sebab di Indonesia, lebih tepatnya di Sea World Ancol, kamu bisa melihat ketiga jenis biota tersebut secara langsung lho!

Bisa ditemukan pada akuarium Aquascape Iwagumi dan akuarium Aquascpae Biotope, sekarang ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk bertemu secara langsung dengan para ikan lucu dan bercorak indah ini.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jateng.tribunnews.com/2018/10/03/unik-3-ikan-ini-punya-corak-batik-lho-bisa-ditemukan-di-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Unik, 3 Ikan Ini Punya Corak Batik Lho! Bisa Ditemukan di Indonesia!"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.