Search

Ikan Kembung Justru Lebih Kaya Gizi Ketimbang Salmon

Liputan6.com, Jakarta Ketika tersaji menu ikan kembung bumbu kuning dan sushi salmon, beberapa orang mungkin memilih sushi dari ikan salmon. Namun, dari segi gizi, ikan kembung ternyata punya gizi lebih tinggi dibanding ikan salmon. Kandungan protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, iodine, selenium lebih tinggi. Omega 3 dapat membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Ini juga membantu pertumbuhan otak normal dan perkembangan mata saat janin masih berada di dalam rahim. Jantung bayi akan sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Ikan kembung juga sumber gizi yang sangat baik. Vitamin D yang terkandung membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi yang sehat. Ketika ditemui usai acara diskusi di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Direktur Pemasaran Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Machmud mengungkapkan, ikan kembung tak kalah bergizi dari ikan salmon.

“Ikan kita itu banyak sekali (contohnya ikan kembung). Tapi masyarakat masih belum menyadari gizi ikan-ikan lokal. Kita juga punya banyak sekali diversifikasi ikan (keragaman ikan). Bayangkan, kalau ikan-ikan lokal selalu kita sosialisasikan. Melalui gerakan ‘Gemar Makan Ikan’ kita promosikan potensi ikan lokal,” papar Machmud pada Kamis, 11 Oktober 2018.

Dari jurnal berjudul Sumberdaya Ikan Kembung (Rastrelliger Kanagurta Cuvier 1817) di Perairan Selat Sunda yang Diidaratkan di PPP Labuan, Banten, yang dipublikasikan di laman Research Gate pada Oktober 2016, musim puncak penangkapan ikan kembung berada sepanjang April hingga Agustus, sedangkan musim paceklik berada pada Desember sampai Januari. Persebaran wilayah penangkapan ikan kembung berada di sekitar perairan Selat Sunda seperti di Pulau Rakata, Rakata Kecil, Anak Rakata, Panaitan, Papole, Sebesi, Sebuku, Jongor serta Tanjung Lesung.

Menilik ikan sebagai pemenuhan protein hewani, jurnalis Liputan6.com mengangkat liputan khusus tentang ikan. Artikel ini merupakan tulisan KEDUA dari tiga rangkaian. Tulisan kedua berisi ikan kembung yang kaya gizi dibanding ikan salmon.

 

Simak video menarik berikut ini:

Seorang pria merekam aksinya mengonsumsi sup ikan dan udang yang masih hidup.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.liputan6.com/health/read/3667512/ikan-kembung-justru-lebih-kaya-gizi-ketimbang-salmon

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikan Kembung Justru Lebih Kaya Gizi Ketimbang Salmon"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.