Search

Pergeseran Gaya Hidup Dongkrak Peningkatan Kebutuhan Pangan ...

JAKARTA, (PR).- Tingkat kebutuhan pangan ikan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, terus mengalami peningkatan. Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengingatkan, agar pembudidayaan perikanan Nusantara terus dikembangkan.

"Saat ini penduduk Indonesia sudah mencapai 265 juta orang, pada 2030 nanti diperkirakan dapat mencapai hampir 300 juta orang. Konsumsi ikan perkapita penduduk Indonesia juga terus meningkat dari 43 kg pada 2017 menjadi 50 kg pada 2019," kata Dirjen Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto, dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Minggu 21 Oktober 2018.

Menurut Slamet Soebjakto, konsekuensi dari hal tersebut adalah meningkatnya kebutuhan bahan pangan, termasuk ikan. Ia berpendapat bahwa hal tersebut terjadi antara lain karena selera makan penduduk di berbagai belahan dunia saat ini telah bergeser.

"Mereka kini lebih menggemari sumber protein dari daging putih seperti ikan ketimbang daging merah, seiring dengan tuntutan gaya hidup yang lebih sehat," ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa kebutuhan pasokan ikan tidak dapat lagi digantungkan pada hasil tangkapan di kawasan perairan nasional. Namun di sisi lain, perlu diingatkan pula bahwa pada kenyatannya saat ini sumber ikan dari hasil tangkapan ada batasnya, baik dari tangkapan di laut maupun perairan.

KKP pun menekankan pentingnya masyarakat untuk mengonsumsi komoditas kelautan dan perikanan, yang diperoleh dari laut dan kawasan perairan yang bersih dan sehat. Beberapa waktu lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mengutarakan harapannya agar konsumsi ikan dapat menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Kebiasaan ini, kata Susi, tak hanya berlaku bagi masyarakat pesisir, tapi juga masyarakat yang tinggal di kota dan pegunungan. Selain itu ia juga berpesan agar selalu menyediakan menu ikan di rumahnya.

"Ibu-ibu harus kasih makan anak-anak dari kecil itu ikan. Ikan juga lebih murah dari daging dan ayam. Ini bisa lebih hemat. Tapi kata Pak Gubernur hari ini saya suruh ingatkan dulu. Tapi besok saya datang lagi," kata Susi.

Ia juga menekankan pentingnya kampanye untuk menjaga kedaulatan laut dengan cara memperkuat perairan perbatasan serta tidak merusak kawasan laut.(Fani Ferdiansyah)***

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2018/10/21/pergeseran-gaya-hidup-dongkrak-peningkatan-kebutuhan-pangan-ikan-di-seluruh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pergeseran Gaya Hidup Dongkrak Peningkatan Kebutuhan Pangan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.