Search

Ratusan Santri Al-Itqon Makan Ikan Bersama


Ratusan Santri Al-Itqon Makan Ikan Bersama

PEDURUNGAN - Sebanyak 600 santri Pondok Pesantren AI-itqon, kampung Bugen, Tlogosari Wetan, beserta para pengurus serentak menyantap menu olahan ikan laut. Selain itu 900 siswa dari sekolah terdekat juga turut bergabung dalam kegiatan tersebut, Rabu (31/10) siang. Jelang jam makan siang, para santri sudah duduk lesehan di aula pondok pesantren. Mereka sebelumnya membersihkan ikan bersama-sama, kemudian dimasak koki menjadi olahan makanan yang bernilai gizi. Habib Gozali, siswa kelas IV MI di Pondok Al-Itqon, mengaku tak ingin melewatkan makan ikan salem bersama teman-temannya. “Lauknya enak, saya suka ikan yang pakai kuah,’’ujar dia.

Marhainies, juga siswa kelas IV di sekolah yang sama, gemar makan ikan karena memiliki banyak manfaat. “Di rumah, ibu juga sering masak ikan. Saya suka,” ujarnya.

Suasana akrab dan guyub terasa saat makan bersama ratusan santri itu. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kelas II ASemarang. Melalui kegiatan tersebut diharapkan lebih menyosialisasikan pentingnya makan ikan, terutama untuk masa tumbuh kembang anak, dan mampu merangsang kecerdaan otak. ‘’Belum lama ini Presiden Jokowi datang ke Ponpes Al-itqon. Kemudian Ibu Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, juga menyampaikan agar mengajak anakanak untuk makan ikan. Jadi kami datang ke Ponpes Alitqon untuk makan ikan bersama anak-anak,’’kata Kepala BKIPM Kelas II ASemarang, Raden Gatot Perdana.

2 Ton Ikan

Melalui kegiatan tersebut, masyarakat diajak untuk meningkatkan konsumsi ikan. Di Jateng, pihak BKIPM memulainya dari Ponpes Al-Itqon. ‘’Di sini, kami mengolah empat menu berbahan dasar ikan menjadi ikan sambal mata, sup ikan, ikan asam manis dan ikan pindang serani. Selain itu kami menyosialisasikan jenis-jenis ikan apa saja yang memiliki nilai gizi baik untuk dikonsumsi. Misalnya ikan makarel,” ucap dia.

BKIPM Kelas IIA Semarang memberikan 2 ton ikan segar dalam sebulan. Penyerahan ikan segar dilakukan bertahap. Setiap pekannya akan disalurkan 500 kilogram ikan segar. “Karena daya tampungnya yang terbatas, kami mengirim bantuannya 500 kilogram ikan setiap pekan. Terima kasih terutama para koki yang telah ikut membantu mengolah ikan, sehingga jadi makanan yang bergizi untuk dinikmati para santri dan para pengurus ponpes,” imbuh Gatot. (daz-48)


Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/140590/ratusan-santri-al-itqon-makan-ikan-bersama

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Santri Al-Itqon Makan Ikan Bersama"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.