Search

Gandeng Investor, Khofifah Komitmen Bangun Industri Pengolahan ...

SURYA.co.id | MALANG - Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendhang Biru menjadi jujugan Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk navigasi program di kawasan Malang Selatan, Jumat (25/5/2018).

Khofifah menyapa para nelayan dan juga para pekerja yang sedang bongkar muat untuk penjualan ikan di TPI Sendhang Biru.

Khofifah mengaku bahwa TPI Sendhang Biru ini merupakan salah satu TPI yang sudah berkembang, dan baik secara infraktruktur dan sudah waktunya untuk naik kelas.

Wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini menekankan bahwa nelayan di sini tidak cukup hanya melakukan petik ikan di laut dan kemuduan langsung menjual. Melainkan melalui proses petik, olah, kemas dan jual.

Ia berkomitmen menyiapkan sejumlah pembangunan infrastruktur guna meningkatan fasilitas TPI Sendhang Biru. Mulai dari pembangunan tempat produksi sarden di TPI Sendhang Biru, tempat produksi ikan fillet, hingga produksi es batu.

"Ikan tuna di sini potensi ekspornya luar biasa. Sudah saatnya kita buat hal baru yang bisa memberi nilai tambah bagi nelayan dan keluarganya," kata Khofifah.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, ikan tuna dari TPI Sendhang Biru ini sudah di ekspor ke banyak negara. Selain diekspor dalam bentuk fresh juga diekspor dalam bentuk fillet.

Namun sayangnya proses fillet ikan tuna itu tidak dibuat langsung di TPI Sendhang Biru. Melainkan ikan tuna hasil tangkapan nelayan dari TPI dibawa ke Surabaya terlebih dahulu, baru dibuat fillet di sana dan dikirim ke luar negeri.

"Menurut saya tidak perlu harus membuat fillet di Surabaya, di sini saja disiapkan tempat produksi yang lebih advance. Yaitu tempat untuk membuat fillet plus sekalian dengan packagingnya juga dibuat juga di sini," kata Khofifah.

Sehingga dengan begitu akan ada nilai tambah bagi 600 nelayan dan juga masyarakat sekitar TPI Sendhang Biru.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/25/gandeng-investor-khofifah-komitmen-bangun-industri-pengolahan-ikan-di-tpi-sendhang-biru-malang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gandeng Investor, Khofifah Komitmen Bangun Industri Pengolahan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.