Search

3 Pelaku Bom Ikan Diamankan Tim Polda Gorontalo

Gorontalo - Dirpolair Polda Gorontalo dan TNI Angkatan Laut, menangkap 3 nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan, di perairan Torosiaje, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. 3 nelayan itu adalah, EA (31), YD (49), dan DA (22).

Menurut Dirpolair Polda Gorontalo, Kombes Edion, maraknya aksi penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan, di wilayah perairan Gorontalo, membuat gerah pihak satgas illegal fishing Gorontalo.

"Alhamdulillah satgas yang baru dibentuk enam bulan lalu, kita sudah melakukan penangkapan dan proses hukum kepada pelaku bom ikan. Senin (28/) kemarin, anak buah saya dengan dibantu TNI AL dan dinas perikanan menangkap 3 orang nelayan dengan menangkap ikan menggunakan bom ikan," kata Edion, di Mako Polair Polda Gorontalo, Rabu (30/5/2018).

Dia juga menjelaskan, dari tangan 3 nelayan, didapat 15 botol berukuran besar dan kecil berisi bom ikan, kompresor, kabel, accu, ganset dan satu boks putih berisi ikan.

Penangkapan tersebut berawal dari giat patroli yang dilakukan oleh anggotanya yang kemudian mendengar adanya ledakan disekitar Pulai Sandii selanjutnya anggota langsung mendatangi TKP dan lakukan penyergapan terhadap pera pelaku bom ikan.

"Awalnya, sekitar pukul 05.10 Wita, anggota saya melaksanakan patroli di perairan Torsiaje karena berdasarkan laporan diperairan ini sering terjadi penangkapan ikan menggunakan bom ikan. Namun pada pukul 14.25 Wita tim patroli mendengar adanya ledakan disekitar Pulau Sandii. Anggota kita ke TKP dan langsung lakukan penyergapan terhadap tiga pelaku," ungkap Edion.

Usai penangkapan, para pelaku lansung di bawa ke mako polair di Kabila Bone. Dalam pemeriksaan 3 pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Mereka kita sudah periksa dan telah tetapkan sebagai tersangka. Mereka kita jerat dengan Undang-undang Perikanan dan kita akan jerat dengan undang-undang darurat kepemilikan bahan peladak. Ancaman hukuman bisa 20 tahun atau seumur hidup," tegas Edion.

Dia juga berjanji akan mengusut, siapa pemasok bahan pembuatan bom ikan yang dimiliki nelayan tersebut.

Sementara, EA salah satu pelaku, menyatakan aksi bom ikan diperairan torisiaje baru pertama kali dilakukan.

"Saya baru pertama kali ini ba bom ikan," sesal EA.
(asp/asp)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://news.detik.com/berita/d-4045639/3-pelaku-bom-ikan-diamankan-tim-polda-gorontalo

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Pelaku Bom Ikan Diamankan Tim Polda Gorontalo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.