Search

Banyak Pencuri Ikan di Perairan Bantul

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Bantul.

Satu yang menjadi sorotan, Pemkab diminta mengambil tindakan terhadap pencurian ikan oleh nelayan luar daerah di kawasan perairan Bantul.

Ketua HNSI Bantul, Suyanto menyebut, kasus pencurian ikan di perairan Bantul ini dilakukan oleh nelayan luar daerah.

“Ada beberapa nelayan luar Bantul yang mengambil ikan di perairan Bantul, mereka pakai kapal yang lebih besar (dari kapal nelayan Bantul, red),” kata Suyanto di Kompleks Parasamya, Bantul, Senin (28/5/2018).

Baca: Terjebak di Tengah Lautan Enceng Gondok, Nelayan Ini Akhirnya Bisa Diselamatkan

Akibat dari pencurian ini, menurut Suyanto, hasil tangkapan ikan oleh nelayan Bantul pun menjadi berkurang.

Selain karena kalah dalam ukuran kapasitas tangkapan, para nelayan luar ini juga diketahui kerap memakai cara kasar dengan mengancam nelayan lokal untuk menjauh ketika sedang berpapasan ketika sedang mencari ikan.

Tanpa menyebut jumlah pasti nelayan luar yang mencuri ikan di perairan Bantul, Suyanto berani mengungkapkan, jumlahnya terhitung banyak.

Kondisi ini semakin diperparah, dengan kapal patroli milik Polairut Polda DIY yang dipandang Suyanto sebenarnya kurang memadai untuk patroli di wilayah perairan Bantul karena faktor kondisi alam.

“Pantai selatan ini gelombangnya seringkali tinggi, sementara spesifikasi kapal patroli milik Polairut sebenarnya kurang cocok untuk patroli di perairan gelombang tinggi. Kalaupun dipakai, sepertinya tetap kurang maksimal. Harusnya ada kapal patroli yang memadai, yang spesifikasinya pas untuk patroli di Pantai Selatan,” kata Suyanto.

Baca: Kapolres Bantul Imbau Masyarakat Tetap Tingkatkan Kewaspadaan di Bulan Puasa dan Jelang Lebaran

Selain pencurian ikan, Suyanto juga menyoroti kesejahteraan nelayan Bantul yang juga harus diperhatian oleh bupati.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jogja.tribunnews.com/2018/05/28/banyak-pencuri-ikan-di-perairan-bantul

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Pencuri Ikan di Perairan Bantul"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.