Search

Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan Hollywood

Jika mendengar kata "manusia ikan", pada umumnya yang terlintas di pikiran kita adalah sesosok putri duyung. Manusia ikan yang berdiri dengan dua kaki memang kurang populer dalam industri perfilman. Kebanyakan orang lebih mengenal vampir, manusia serigala, dan bahkan gorila raksasa sebagai monster yang mendominasi layar lebar.

Padahal jika naskah ceritanya dipoles dengan apik dan brilian, potensi sang manusia ikan dapat sejajar dengan deretan monster-monster tadi. Salah satu bukti nyatanya adalah film garapan Guillermo del Toro yang berjudul The Shape of Water yang berhasil menyabet gelar Best Picture dalam ajang Academy Award. 

Berikut ini adalah beberapa karakter manusia ikan yang suskes menginjakkan kakinya di daratan Hollywood.

1. Gillman, Creature from The Black Lagoon (1954)

Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan HollywoodDenofgeek.com

Manusia ikan pertama yang berhasil mencuri perhatian adalah Gillman, sesosok monster yang berasal dari film Creature from The Black Lagoon. Karakter ciptaan Milicent Patrick ini berhasil menghidupkan mitos akan adanya monster setengah ikan di hutan Amazon. Karakter Gillman diperankan oleh dua aktor berbeda, Ricou Bowning selaku pemeran ketika berada di air dan Ben Chapman saat pengambilan gambar dilakukan di darat.

Terjadinya proyek film ini dimulai ketika Gabriel Figueora menceritakan mitos manusia ikan di Amazon kepada produser William Alland yang membuatnya menulis kisah The Sea Monster. Kisah tersebut kemudian dikembangkan oleh Maurice Zimm dan ditulis ulang oleh Harry Essex dan Arthur Ross. Setelah keduanya menyelesaikan naskah The Black Lagoon, Jack Arnold ditunjuk sebagai sutradara film tersebut.

Film arahan Jack Arnold ini telah mendapatkan 2 sekuel lanjutan pada tahun 1955 (Revenge of The Creature) dan 1956 (The Creature Walks Among Us). Sempat hendak mendapatkan reboot 3D pada 1982, proyek tersebut dihentikan karena kendala finansial. Selain itu, di tahun yang sama Jaws-3D juga sedang menghiasi layar perak Hollywood.

2. Mariner, Waterworld (1995)

Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan HollywoodBustle.com

Diperankan oleh Kevin Costner, Mariner tidak seperti kebanyakan manusia ikan yang ada di daftar ini. Ia memiliki bentuk fisik seperti kebanyakan manusia normal, hanya saja terdapat tambahan insang dan selaput pada sela-sela jari kakinya. Mariner adalah sosok hasil evolusi manusia di masa depan. Dikisahkan pada masa depan, seluruh daratan es yang ada di bumi meleleh dan menyebabkan seluruh daratan tertutup oleh air.

Film Waterworld sendiri memang bukan salah satu film terbaik yang pernah ada, bahkan film ini lebih dikenal karena hanya membuang-buang budget produksinya. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa karakter Mariner di film ini merupakan suatu terobosan baru dalam gambaran 'manusia ikan' di layar lebar.

3. Abraham Sapien, Hellboy (2004)

Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan HollywoodUproxx.com

Karakter satu ini muncul pertama kali di layar lebar pada 2004 melalui film Hellboy. Abe Sapien atau yang sering disapa Blue ini merupakan karakter dari komik terbitan Darkhorse dengan judul yang sama. Blue memiliki kemampuan seperti ikan dan manusia pada umumnya, di antaranya bernapas di dalam air, kemampuan berenang yang amat lincah dan memiliki akurasi tembakan yang termasuk tinggi di antara anggota Biro Paranormal yang lain.

Blue adalah simbol kebangkitan karakter manusia ikan di Hollywood setelah Gillman. Personanya yang unik membuat penonton tidak mudah melupakannya. Selain itu aktor di balik sosok Blue ini sendiri memegang peran yang amat penting atas hidupnya karakter Blue. Doug Jones sebagai sang pemeran amat lihai memerankan karakter non-manusia dengan gestur-gestur yang terlihat sangat natural untuk setiap tokoh yang dia perankan.

Setelah muncul pada 2004, karakter Blue ini kembali mendapatkan kesempatan menunjukkan eksistensinya pada sekuel film Hellboy berikutnya di tahun 2008. Dan juga rencananya pada 2019 mendatang reboot terbaru dari film Hellboy akan ditayangkan terlepas dari belum adanya kabar soal kemunculan karakter 'manusia ikan' ini di dalamnya.

4. The Missing Link, Monsters vs Aliens (2009)

Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan HollywoodMonstersvsaliens.wikia.com

Karakter yang suaranya diisi oleh Will Arnett ini berbeda dengan kebanyakan manusia ikan yang ada di daftar ini. Jika kebanyakan merupakan hasil make over dan practical effect, Missing Link diwujudkan dalam bentuk animasi.

Makhluk hijau ini diceritakan sebagai makhluk purba yang ditemukan oleh Pemerintah Amerika dalam bongkahan es. Meskipun lebih mirip gabungan primata dan ikan, Missing Link tetap merupakan bagian sejarah dari kisah-kisah manusia ikan di Hollywood.

5. Amphibian Man, The Shape of Water (2017)

Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan HollywoodVariety.com

The Shape of Water garapan Guillermo del Toro dapat dikatan telah mendobrak batas-batas wajar budaya perfilman. Bukannya memilih menjadikannya sebuah karya horror ataupun thriller, del Toro mengadaptasi tema percintaan penuh romansa pada garapannya kali ini. Alasan manusia ikan menjadi sosok utama di film ini karena Guillermo del Toro sendiri ternyata merupakan penggemar Creature from The Black Lagoon. Bukan hanya Guillermo del Toro saja yang berperan dalam mengangkat tinggi nama film ini, Doug Jones selaku pemeran Amphibian Man juga melakukan pekerjaan fantastis dalam setiap gestur yang ia alirkan untuk menghidupkan sang manusia ikan. 

Selain memenangkan Best Picture pada ajang Academy Awards, The Shape of Water juga berhasil meraih Costume Designers Guild Award for Best Costume Design  in Period Film untuk perwujudan sang manusia ikan. Meskipun banyak orang menganggap karakter Amphibian Man sangat mirip dengan Abe Sapien pada film Hellboy, del Toro mencoba meyakinkan para penonton bahwa karakter ini original buatannya sendiri. 

Itu dia jejak para manusia ikan di Hollywood. Mana saja film yang sudah kamu tonton?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://hype.idntimes.com/entertainment/khitoh-fatahilah/jejak-para-manusia-ikan-menginjakkan-kaki-di-daratan-hollywood-c1c2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jejak Para Manusia Ikan Menginjakkan Kaki di Daratan Hollywood"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.