Search

Ratusan Spesies Ikan di Kapuas Hulu Ternyata Bernilai Ekonomis ...

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Muhammad Sukri menjelaskan, luas perairan umum Kabupaten Kapuas Hulu kurang lebih 450.257 hektare atau 3,27 persen dari luas perairan umum Indonesia seluas13,3 juta hektar.

"Perairan di Bumi Uncak Kapuas mengandung potensi sumber daya perikanan yang cukup besar dan penting serta sebagai tulang punggung perekonomian masyarakat nelayan Kapuas Hulu," ujarnya, Minggu (13/5/2018).

Baca: Sekda Ajak Masyarakat Untuk Membangun Kapuas Hulu

Sukri menuturkan, di Kabupaten Kapuas Hulu terdapat 195 sungai,148 danau, dan 24 di antaranya telah ditetapkan sebagai danau lindung.

"Ada 297 jenis ikan yang berada di habitat Kapuas Hulu," ucapnya.

Dari 297 spesies ikan di antaranya memiliki nilai ekonomis tinggi seperti, ikan Arwana, Jelawat, Toman, Betutu, Belidak, Lais, Patin, Tapah, Semah, dan jenis ikan lainnya.

Baca: Jelang Puasa Ramadan, Ini Pesan Bupati Kapuas Hulu

"Kapuas Hulu juga merupakan pemasok ikan air tawar terbesar di provinsi Kalbar," jelasnya.

Sekda menjelang, bahwa 70 persen ikan dari Bumi Uncak Kapuas, baik berupa ikan segar maupun dalam bentuk olahan dipasok untuk memenuhi kebutuhan protein hewani asal ikan bagi kabupaten dan kota di provinsi Kalbar.

"Keberadaan danau lindung dan kearifan lokalnya, sangat penting untuk menjaga keberlangsungan, atau kelestarian sumber daya ikan sebagai flasma nuftah Kapuas Hululu, dan dapat menjadi bank ikan bagi perairan di danau tersebut," ujarnya.

Menurutnya, pengembangan danau lindung sangat penting, karena beberapa jenis ikan sudah langka bahkan mencapai kepunahan diantaranya, ikan belantau, ikan kapas, ikan bauk pipih udang galah, ikan kedukol, dan ikan lainnya.

"Marilah kita mempertahankan pelestarian lingkungan, agar anak cucu kita bisa menikmati dan merasakan produktifitas ikan serta manfaatnya kelak," ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://pontianak.tribunnews.com/2018/05/13/ratusan-spesies-ikan-di-kapuas-hulu-ternyata-bernilai-ekonomis-tinggi-ini-penjelasan-sekda

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Spesies Ikan di Kapuas Hulu Ternyata Bernilai Ekonomis ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.