Search

RM. Ujung Pandang: Nikmat Banget! Ikan Sukang Bakar Bumbu ...

Jakarta - Dijamin lapar kalau lihat sajian ikan yang satu ini. Seafood gaya Makassar ini enak disantap dengan tumis kangkung hingga racikan sambal sedap yang enak.

Mendengar nama Rumah Makan Ujung Pandang, tempat ini memang ada di kawasan Gandaria dan juga Tangerang. Meskipun masih satu keluarga, namun pemiliknya berbeda. Sebagai rekomendasi tempat berbuka puasa, detikFood memilih untuk menyambangi rumah makan khas Makassar yang berlokasi di Tangerang ini.

Ragam jenis ikan yang bisa dipilih.Ragam jenis ikan yang bisa dipilih di RM. Ujung Pandang. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Menu yang ditawarkan beragam, sayangnya buku menu yang ada tidak mencantumkan harga makanannya sehingga Anda perlu bertanya terlebih dulu kepada karyawan. Dalam buku menunya terdapat menu ikan yang beragam seperti ikan Sukang, Bandeng, Baronang, Kerapu, Bawal Hitam, Pecah Kulit, Titang, Kudu-kudu, Kwe Bakar hingga Kaneke. Ikan-ikannya bisa Anda lihat dibagian depan restoran.

Ikan-ikan ini didatangkan langsung dari Makassar dan disimpan dalam box berisi es batu sehingga ikan ini masih segar ketika sampai di Jakarta.

Baca juga: Dermaga Makassar Seafood: Enaknya Ikan Sukkang Bakar Rica dan Fillet Ikan Kudu-Kudu

Semua sajian ikan ini bisa diolah dengan cara dibakar dengan bumbu khas Makassar, digoreng dan juga dimasak tim. Daripada bingung memilih, langsung saja pesan salah satu menu yang jadi andalan rumah makan ini. Seporsi ikan Sukang bakar dengan berat sekitar 1,2 Kg (Rp 204.000) jadi pilihan.

Ikan sukang bakar berukuran besar dengan paduan bumbu rica dan parape.Ikan sukang bakar berukuran besar dengan paduan bumbu rica dan parape. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Ikan Sukang dibelah lebar menjadi 2 dan dibakar tanpa penambahan bumbu. Setelah semuanya matang, barulah ikan bakar ini dilumuri dengan bumbu parape di sisi atas dan rica di sisi bawah. Meskipun dibakar tanpa olesan bumbu, akan tetapi rasa dari ikannya sudah enak ditambah dengan dua jenis bumbu yang gurih.

Bumbu parapenya memiliki rasa gurih khas bawang merah dengan sentuhan manis ringan. Namun bumbu ricanya terasa pedas dengan rasa gurih nikmat. Tampilannya yang berwarna oranye menandakan bahwa sambal ricanya dibuat dari cabai rawit.

Udang peci bumbu saus telur asin yang enak di RM. Ujung Pandang.Udang peci bumbu saus telur asin yang enak di RM. Ujung Pandang. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Selain ikan bakar, Anda juga tak boleh melewatkan Udang Goreng Telur Asin (Rp 60.000). Udang peci dengan ukuran yang cukup besar dimasak dengan lumuran saus telur asin yang agak kering. Saus telur asinnya menempel sempurna disetiap potongan udang. Wah, aromanya sedap dan gurih dengan paduan irisan daun bawang bombay yang enak. Enak dinikmati dengan nasi putih hangat.

Ada 5 sajian sambal pelengkap yang bisa dipadu bersama dengan ikan pesanan Anda. Sambal ala Makassar terdiri dari sambal tomat kemangi, sambal petis, sambal terasi, sambal rica-rica hingga acar labu siam.

RM. Ujung Pandang: Nikmat Banget! Ikan Sukang Bakar Bumbu Parape dan Rica Khas MakassarKangkung Cah Terasi yang semakin melengkapi buka puasa dengan seafood hari ini. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Makan seafood tak lengkap tanpa kehadiran Kangkung Cah Terasi (Rp 25.000). Kangkungnya terlihat masih hijau dengan sensasi rasa renyah. Kuah cokelatnya menghasilkan rasa gurih dengan semburat aroma terasi yang nikmat. Pokoknya ini sedap sekali dinikmati bersama dengan nasi dan ikan bakar bumbu rica yang pedas.
RM. Ujung Pandang: Nikmat Banget! Ikan Sukang Bakar Bumbu Parape dan Rica Khas MakassarYuk, buka puasa dengan semangkuk es pisang ijo. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Oh ya! Sebelum memulai bersantap, Anda bisa mengawalinya dengan semangkuk Es Pisang Ijo (Rp 25.000). Buah pisang dengan balutan adonan berwarna hijau yang kenyal semakin enak dinikmati bersama dengan bubur sumsum lembut dengan es batu plus siraman sirup merah. Segar!

Baca juga: Pedas Mantap! Ikan Sukang Bakar Berbumbu Rica

RM. Ujung Pandang
Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Versailles blok FC No. 1
BSD City, Tangerang

(lus/odi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://food.detik.com/rumah-makan/d-4025063/rm-ujung-pandang-nikmat-banget-ikan-sukang-bakar-bumbu-parape-dan-rica-khas-makassar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RM. Ujung Pandang: Nikmat Banget! Ikan Sukang Bakar Bumbu ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.