Search

Nelayan Morotai Ngadu ke Jokowi Tak Bisa Jual Ikan Gara-gara Bupati - detikFinance

Jakarta - Dalam acara silaturahmi antara pelaku usaha perikanan tangkap dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada salah satu curahan hati (curhat) nelayan asal Morotai yang tidak bisa menjual ikan ke luar daerahnya.

Nelayan itu adalah Kadahan. Dia bilang, ikan hasil tangkapannya tidak bisa dijual ke luar Morotai karena kebijakan pemerintah daerah Morotai yang mewajibkan hasil tangkapan dijual ke pengusaha rujukannya.

"Sebelumnya kita jual ke Bitung, cuma sekarang ini kita jual ke Tobelo, sebelumnya kita jual sendiri karena kita olah sendiri, cuma sekarang ada peraturan dari pemerintah Morotai bahwa ikan tidak bisa dikeluarkan dari Morotai," kata Kadahan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).


"Kita jual ke pengusaha yang ada di Morotai, Bupatinya menyuruh kita harus menjual ke salah satu pengusaha di Morotai," tambahnya.

Mendengar hal tersebut, Jokowi pun melayangkan pertanyaan kepada Kadahan mengenai lebih untung yang mana saat ikan hasil tangkapannya di jual di daerah Morotai atau di luar daerah.

"Jual keluar Morotai lebih untung, karena perusahaan yang kita jual, harganya sama seperti kita beli ke teman-teman kita," jawab Kadahan.

Kadahan menjelaskan, bersama teman-temannya telah membentuk sebuah koperasi perikanan yang tugasnya menyerap atau membeli hasil tangkapan para nelayan. Melalui koperasi itu, maka ikan tersebut dijual ke luar Morotai sebelum adanya aturan Bupati Morotai Benny Laos.

Bahkan, Kadahan mengatakan setiap kali ingin menjual hasil tangkapannya ke luar Morotai, pihak Dinas Perikanan tidak menerbitkan Surat Keterangan Asal Ikan (SKAI).

Mantan Wali Kota Solo ini pun meminta langsung kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung mencatat curhatan nelayan asal Morotai.

"Oke, ini dicatat Bu Susi, ini juga sudah dicatat Sekretaris Kabinet," jelas Jokowi.


Menanggapi itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku akan mengajak diskusi Bupati Morotai terkait dengan kebijakan tersebut.

"Kan sudah lama di koran-koran tentang Pak Bupati meminta semua jual di situ, nanti saya akan komunikasikan dengan Pak Bupati," kata Susi.

Menurut Susi, jika memang harus dijual di wilayah Morotai maka harga untuk nelayan pun harus bagus.

"Itu saja, untuk nelayan kan jual mana saja nggak masalah, yang penting harganya bagus, kalau harus di sini harga jelek, pasti semua tidak mau," ungkap Susi. (hek/ara)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4407638/nelayan-morotai-ngadu-ke-jokowi-tak-bisa-jual-ikan-gara-gara-bupati

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nelayan Morotai Ngadu ke Jokowi Tak Bisa Jual Ikan Gara-gara Bupati - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.