Search

Ikan Cupang Jenis Ini Bisa Melahap 80 Jentik Nyamuk dalam Satu Kali Makan - Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Dedi Arief Hendriyanto, mengatakan ada satu jenis ikan cupang yang bisa memakan 80 jentik nyamuk dalam satu kali makan.

Ikan cupang tersebut yakni jenis Crown Tail yang sangat efektif untuk memberantas jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini mewabah di Kota Cimahi.

Dedi menambahkan, berdasarkan hasil penelitian tak hanya ikan cupang jenis Crown Tail, ternyata berbagai jenis ikan cupang juga dianggap mampu memutus rantai jentik nyamuk DBD dengan cara dimakan.

"Tapi kalau jenis ikan cupang lainnya itu minimal hanya mampu memakan 10 jentik nyamuk ketika satu kali makan," ujar Dedi Arief Hendriyanto saat ditemui ketika penyebaran ikan cupang di RW 05, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jumat (25/1/2019).

Hal tersebut, kata Dedi Arief Hendriyanto, diketahui berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan pihaknya, sehingga bisa dipastikan ikan cupang bisa memakan jentik nyamuk DBD yang ada di genangan air.

Untuk itu, BKIPM Bandung bekerja sama dengan komunitas pecinta ikan yakni Community Beta Cimahi (CBC) melakukan penyebaran 400 ikan cupang di genangan air seperti di drainase di sekitar RW 05, Kelurahan Cipageran.

"Penyebaran ikan cupang di genangan air rumah warga ini merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai perkembangan nyamuk penyebab DBD," kata Dedi Arief Hendriyanto.

Basmi Jentik Nyamuk, 400 Ikan Cupang Disebar di Genangan Air

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jabar.tribunnews.com/2019/01/25/ikan-cupang-jenis-ini-bisa-melahap-80-jentik-nyamuk-dalam-satu-kali-makan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikan Cupang Jenis Ini Bisa Melahap 80 Jentik Nyamuk dalam Satu Kali Makan - Tribun Jabar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.