Search

Wah, Ikan Kerapu Jumbo Ini Terjual Hingga 500 Juta Rupiah

Jakarta - Ikan kerapu ini berhasil terjual dengan harga yang cukup fantastis. Setelah melewati proses lelang, akhirnya harga terakhir yang ditetapkan sebesar Rp 542 juta.

Beberapa waktu lalu, ikan kerapu air laut seberat 78 kilogram berhasil ditangkap oleh para nelayan China. Ikan tersebut merupakan hasil tangkapan pertama dalam musim penangkapan ikan di wilayah Beihai, Guangxi Zhuang lapor SCMP (19/8).

Berdasarkan keterangan nelayan, ikan itu sepertinya tertangkap di dekat pelabuhan pada sabtu pagi (18/08/2018). Tepat setelah dicabutnya larangan memancing. Ikan kerapu jumbo ini diperkirakan berusia sekitar 30 atau 40 tahun lebih. Sebab memiliki panjang sebesar 1.5 meter.

Wah, Ikan Kerapu Jumbo Ini Terjual Hingga 500 Juta RupiahFoto: Istimewa

Melihat hal itu, orang berbondong-bondong ingin membeli ikan kerapu tersebut. Itu dikarenakan adanya kepercayaan bahwa tangkapan pertama di musim itu dianggap membawa keberuntungan.

Sehingga pelelangan ikan ini pun dilakukan. Ikan yang dijuluki "King of Fish" ini dilelang dengan harga awal sebesar 21.888 yuan (Rp 46 juta). Saking banyaknya warga yang ingin membawa pulang ikan ini, dalam kurun waktu 10 menit, ikannya berhasil terjual dengan harga 270.000 yuan (Rp 542 juta).

Wah, Ikan Kerapu Jumbo Ini Terjual Hingga 500 Juta RupiahFoto: Istimewa
"Terjadi persaingan ketat pada (pelelangan) King of Fish ini, karena setiap pebisnis di sini ingin memilikinya," jelas seorang pengamat.

Akhirnya ikan kerapu jumbo ini dibawa pulang oleh seorang pemilik restoran chinese food. Rencanya, ia akan menyajikan sekaligus menjual daging ikan kerapu pembawa keberuntungan ini pada pelanggan setianya.

Wah, Ikan Kerapu Jumbo Ini Terjual Hingga 500 Juta RupiahFoto: Reuters/Toru Hanai
Tak hanya King of Fish saja yang dilelang dalam acara tersebut. Sebanyak tujuh jenis ikan lainnya dilelang di acara yang sama. Sehingga acara pelelangan itu berhasil membawa uang lelangan sebesar 400.000 yuan (Rp 850 juta).

Berbeda dengan China, Jepang lebih sering melakukan pelelangan ikan terutama ikan tuna jenis bluefin. Awal tahun lalu saja seekor ikan tuna bluefin seberat 405 kilogram laku seharga Rp. 4.4 milliar. Jumlah ini masih lebih kecil dibandingkan dengan lelang tuna yang sama jenisnya pada tahun 2013. Saat itu hasil lelangnya berharga fantastis yakni sebesar 15,5 miliar rupiah.

Baca juga: Seekor Ikan Tuna Bluefin Seberat 405 Kg Berhasil Dilelang Seharga Rp 4.4 Milliar (dwa/odi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://food.detik.com/info-kuliner/d-4298562/wah-ikan-kerapu-jumbo-ini-terjual-hingga-500-juta-rupiah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wah, Ikan Kerapu Jumbo Ini Terjual Hingga 500 Juta Rupiah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.