Search

Bahan-bahan dan Cara Membuat Sendiri Pakan untuk Budidaya ...

Bahan-bahan dan Cara Membuat Sendiri Pakan Ikan Patin, Biaya Murah dan Mudah

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA—Pembudidaya ikan air tawar di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI), kini tidak lagi kesulitan dalam membiayai pakan ikan.

Karena, mereka telah terbantu dengan mesin pembuat pakan ikan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Willy Sandi, selaku ketua kelompok pembuat pakan ikan “Burai Mandiri” mengatakan, bantuan mesin pembuat pakan ikan dari pemerintah pusat sudah dimanfaatkan oleh pembudidaya sejak 2017 lalu sampai sekarang.

Proses pembuatannya pun tergolong tidak begitu sulit, karena cukup dengan bantuan berupa mesin “Kubota”.

Jadi para pembudidaya ikan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli pakan ternak yang nilainya tergolong cukup tinggi.

Baca: Hijab Instan 2018 Terbaru Capuchon dengan Ilusi Berkerah, Cocok Digunakan Sepanjang Hari

Baca: Tak Hanya Malas Make Up, Sarwendah Akui Ada yang Berbeda di Kehamilan yang ke-2 Ini

“Cukup dengan bantuan mesin merk Kubota, mereka (pembudidaya) sudah bisa membuat sendiri pakan ternak ikan,” kata Willy kelompok pembuat pakan ternak ikan, Kamis (8/11/2018) saat dibincangi.

Ia menjelaskan, bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan pakan ikan ini berupa 41 kilogram tepung ikan atau ikan yang sudah digiling,

jagung yang sudah dijadikan tepung secukupnya, dedak padi sebanyak 38 kilogram, tepung tapioka 10 kilogram, suplemen vitamin mix, molase, masing-masing 1 – 2 kilogram.

Lalu, seluruh bahan yang dimaksud dilakukan penggilingan secara manual selanjutnya dimasukkan kedalam mesin pakan ikan bantuan dari pemerintah pusat tadi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://sumsel.tribunnews.com/2018/11/08/bahan-bahan-dan-cara-membuat-sendiri-pakan-untuk-budidaya-ikan-patin-biaya-murah-dan-mudah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahan-bahan dan Cara Membuat Sendiri Pakan untuk Budidaya ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.