Search

Ajak Masyarakat Cintai Kuliner Ikan Indonesia, Menteri Susi ...

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri kampanye peluncuran program pemerintah bertajuk ‘Seafood Lovers Millennials’ (SeaLoveMi) di tengah penyelenggaraan Car Free Day (CFD) di Plaza Timur, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-5 yang jatuh pada tanggal 21 November 2018.

SeaLoveMi adalah sebuah komunitas pencinta kuliner ikan asli Indonesia yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna mendorong masyarakat Indonesia lebih gemar mengkonsumsi ikan.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak konsumsi ikan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Di samping untuk memperingati Hari Ikan Nasional, menurut Menteri Susi kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat khususnya stakeholder perikanan.

“Hari Ikan Nasional ini kita peringati sebetulnya untuk: Satu, memberikan apresiasi kepada para pembudidaya, nelayan, perusahaan yang melakukan penangkapan ikan, budidaya ikan, dan lain sebagainya dari seluruh turunan jenis ikan, apakah itu air tawar atau air asin sama saja ya, semua ikan termasuk seafood. Yang telah membawa, menyiapkan, membesarkan ikan, produk makanan yang sangat sehat, sangat luar biasa gizinya, penuh dengan kolestrol yang sehat, penuh dengan protein-protein yang sehat yang dibutuhkan oleh badan kita, dan juga mengandung omega yang sangat penting untuk pertumbuhan otak kita,” tutur Menteri Susi, dalam keterangan pers Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada Tribunnews.com.

Menteri Susi menginginkan agar angka konsumsi ikan masyarakat Indonesia dapat menyamai atau setidaknya mendekati Jepang yang mencapai angka 80 kg per kapita per tahun.

Sebagaimana kita ketahui, angka konsumsi ikan nasional rata-rata Indonesia tahun lalu (2017) sudah mencapai 47,12 kg per kapita, dan tahun ini ditargetkan dapat mencapai 50 kg per kapita per tahun, sedangkan pada 2019 diharapkan mencapai 54,49 kg per kapita.

“Jadi kalu kita lihat orang Jepang pintar-pintar, jangan heran, karena mereka makan seafood-nya lebih banyak. Jika ingin pintar seperti mereka, ya kita harus makan seperti mereka. Uang yang dipakai untuk membeli daging merah kita ganti ke ikan. Ikan apa saja sama gizinya. Ada yang bilang, ‘Bu kalau lele kan tidak bergizi,’ siapa bilang? Lele sangat enak dan bergizi. Ikan tilapia (nila) juga enak. Saya sangat suka. Apalagi ikan hasil laut karena variasinya banyak sekali, mulai dari teri, tenggiri, kakap, ikan manyun, dan lain sebagainya,” terang Menteri Susi.

Tak kalah menarik, guna menjaring antusiasme masyarakat, dalam kegiatan tersebut Menteri Susi bersama Chef Marinka dan Chef Chandra juga melakukan demo memasak.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/27/ajak-masyarakat-cintai-kuliner-ikan-indonesia-menteri-susi-luncurkan-sealovemi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ajak Masyarakat Cintai Kuliner Ikan Indonesia, Menteri Susi ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.