Search

Musim Hujan, Jadi Momen Warga Haur Gading Kembangkan Bibit ...

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Memasuki musim penghujan petani ikan di Kecamatan Haur Gading semakin mudah mendapatkan air untuk mengisi kolam.

Pasalnya selama ini untuk mengisi kolam para petani ikan masih menggunakan sumber air tanah dan aliran Sungai Tabalong.

Sedangkan pada musim kemarau aliran sungai Tabalong mulai surut hingga tidak dapat mengalirkan air para petani mengisi kolam menggunakan air tanah dengan bantuan mesin pompa air.

Hal ini jelas menambah biaya produksi mengingat air kolam Tak boleh sampai kering. Memasuki musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi para Tani ikan.

Seperti yang terjadi pada Desa Palimbangan Kecamatan haur Gading, petani ikan juga telah berupaya untuk membuat pakan ikan sendiri. dengan bahan baku dedak dan ikan yang telah dikeringkan.

Baca: Hasil Tes SKD CPNS 2018 Diumumkan, BKPPD Kabupaten Balangan Malah Keputusan Menpan

Camat haur Gading Syarief mengatakan para petani ikan di Kecamatan haur Gading saat ini memiliki beberapa kelompok perikanan. Setiap kelompok menaungi beberapa petani sehingga mudah untuk melakukan koordinasi dan kerjasama.

" Contohnya seperti bantuan alat pembuatan pakan ikan yang telah diberikan kepada beberapa kelompok sehingga bisa dimanfaatkan pakan ikan yang telah diberikan kepada beberapa kelompok sehingga bisa dimanfaatkan oleh pakan ikan yang telah diberikan kepada beberapa kelompok sehingga bisa dimanfaatkan oleh anggotanya," ujarnya.

Baca: Kasus Pembunuhan IRT di Tabalong, Warga Terkejut Korban Tewas di Rumah, Kades Ungkap Hal Ini

Untuk penjualan ikan saat ini sudah sampai ke luar daerah. pemerintah melalui pihak Kecamatan terus berupaya untuk meningkatkan hasil produksi dan memperluas penjualan agar hasil perikanan dari Kecamatan haur Gading semakin dikenal.

Tidak hanya dijual dalam bentuk ikan dewasa Kecamatan haur Gading juga tengah mengembangkan bibit ikan sehingga juga bisa menjual bibit ikan keluar daerah.

Baca: Hasil Akhir Aceh United vs Mojokerto Putra, Skor 3-2, Penalti Gagal, Gagal ke Semifinal Liga 2

"Dengan adanya pembibitan ikan memudahkan petani untuk mendapatkan anak ikan di Kabupaten HSU," ungkapnya.

Dinas Perikanan juga membantu petani dalam program ini yaitu dengan memberikan pelatihan Bagaimana cara mengawinkan induk ikan agar mendapatkan anak ikan yang baik dan banyak.

"Kami masih akan terus berupaya untuk meningkatkan program pembibitan ikan di Kecamatan haur Gading," ungkapnya. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati

Editor: Didik Trio

Ikuti kami di

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/11/19/musim-hujan-jadi-momen-warga-haur-gading-kembangkan-bibit-ikan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Musim Hujan, Jadi Momen Warga Haur Gading Kembangkan Bibit ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.