Search

Jaga Keseimbangan Sungai di Purbalingga, Setengah Juta Benih ...

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Sebanyak 550.870 ekor ikan berbagai jenis ditebar di perairan umum Purbalingga.

Ikan berjenis Nila, Nilem, Mujaher, Karper dan Tawes itu ditebar di lima titik penebaran, yakni Sungai Klawing Desa Kedungbenda, Sungai Serayu Desa Bokol dan Embung Desa di Kecamatan Kemangkon, serta Sungai Tlahab Desa Mrebet Kecamatan Mrebet dan Bendung Slinga Kecamatan Kaligondang.

Ini merupakan realisasi program penebaran ikan di perairan umum wilayah kabupaten Purbalingga oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah

“Di Jawa Tengah tahun ini kurang lebih ada 50 juta ekor ditebar di perairan umum. Termasuk di Purbalingga yang kami alokasikan lebih dari 550 ribu ekor,” kata Kepala DKP Provinsi Jawa Tengah Lalu M Syafriadi, di Purbalingga

Penebaran ikan yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah akan dilakukan di seluruh kabupaten atau kota di Jateng. Untuk periode pertama, lanjut Lalu, kegiatan penebaran ikan dilaksanakan di sembilan kabupaten atau kota.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya ikan di perairan umum. Diharapkan kegiatan itu mampu meningkatkan produksi perikanan dan meningkatan konsumsi makan ikan di Jawa Tengah.

Tingkat konsumsi ikan di Jawa Tengah saat ini baru 26,78 kilogram perkapita pertahun. Atau masih jauh di bawah target nasional 43 kilogram perkapita pertahun.

"Jadi konsumsi kita masih rendah. Sehingga perlu upaya, termasuk penebaran ikan sehingga nanti tersedia ikan lebih banyak,” jelasnya.

Sedangkan tingkat konsumai ikan di Purbalingga ternyata jauh lebih rendah.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jateng.tribunnews.com/2018/03/27/jaga-keseimbangan-sungai-di-purbalingga-setengah-juta-benih-ikan-ditebar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaga Keseimbangan Sungai di Purbalingga, Setengah Juta Benih ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.