Search

RI Genjot Ekspor Tuna, bakal Ada Pangkalan Ikan di Natuna - detikFinance

Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan membuat pangkalan ikan di Natuna. Kebijakan ini diambil untuk mendorong ekspor ikan.

Menurut Luhut pemilihan Natuna sebagai lokasi pembangunan karena letaknya strategis, serta memiliki potensi produksi ikan tuna yang melimpah.

"Kita mau integrasikan pangkalan perikanan itu untuk nanti dia bisa menangkap ikan dari pantai-pantai nelayan dari pantai Utara Jawa di sana. Banyak kan tuh tuna-tunanya," ujar Luhut di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (1/2/2019).


Lebih lanjut, pangkalan ikan tersebut juga akan dilengkapi dengan mesin pendingin atau cold storage, pelabuhan pengisian minyak hingga keimigrasian, sehingga bisa memudahkan nelayan melaut.

"Itu menyiapkan pangkalan di situ mulai dari cold storage, pelabuhan pengisian minyak, keimigrasian, angkatan laut keamanannya, ya semua," sambung dia.

Staf Ahli Kemenko Maritim, Atmaji mengatakan rencana tersebut juga sebagai salah satu langkah mengintegrasi produksi ikan yang satu dengan yang lain. Dengan begitu, ekspor akan meningkat tajam.

"Selama ini kan belum terintegrasi dan harapannya terintegrasi supaya bisa ekspor ke luar negeri," paparnya.

(fdl/fdl)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4411031/ri-genjot-ekspor-tuna-bakal-ada-pangkalan-ikan-di-natuna

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RI Genjot Ekspor Tuna, bakal Ada Pangkalan Ikan di Natuna - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.