Search

APIKI Sebut Isu Cacing dalam Ikan Makarel Rugikan Perusahaan ...

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengalengan Ikan Indonesia (APIKI) mengaku dirugikan akibat merebaknya isu penemuan cacing di dalam kemasan ikan kalengan.

Ketua APIKI Ady Surya mengatakan, perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungannya merugi hingga miliaran rupiah.

"Kami sedang kakulasi (kerugiannya), saya bilang di grup tolong masing-masing perusahaan hitung. Kalau angkanya miliaran jelas mas. (Kerugian) miliaran itu pasti," kata Ady di Pakin, Jakarta Utara, Sabtu (31/3/2018).

Baca juga : APIKI Pastikan Cacing di Ikan Makarel Sudah Mati

Ia menambahkan, sejumlah pabrik pengalengan juga terpaksa tutup untuk beberapa waktu. Akibatnya, banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan.

Ia pun mengeluhkan penarikan produk-produk ikan makerel kalengan dari sejumlah ritel.

"Rata-rata pekerja kami 500 sampai 3000 orang. Buat apa kami pekerjakan kalau kami enggak bisa menjual," kata Ady.

Di samping itu, Ady menuturkan pihaknya juga dirugikan secara psikologis karena hilangnya kepercayaan masyarakat untuk mengonsumsi ikan makerel.

Meskipun begitu, Ady berharap kejadian tersebut dapat menjadi hikmah bagi para pengusaha pengalengan ikan.

Baca juga : APIKI Pastikan Cacing di Ikan Makarel Sudah Mati

"Kejadian ini adalah jalan Tuhan untuk menjelaskan kepasa konsumen kami di seluruh negeri bahwa ikan kaleng sudah diolah dan dikelola dengan standar yang baik," katanya.

Sebelumnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan menemukan sejumlah merek produk ikan makerel yang mengandung cacing. Temuan itu terdapat di Batam, Pekanbaru, dan Jakarta.

Sejumlah perusahaan ritel seperti minimarket dan supermarket pun mulai menurunkan ikan makerel dari rak pajangan mereka.

Baca juga : Sandiaga Sayangkan Ada Produk Makarel Mengandung Cacing

Kompas TV Selain melaporkan kepada BB-POM, hasil temuan ini ditindaklanjuti dengan menarik semua produk ikan kalengan yang ditengarai mengandung cacing parasit.


Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/31/18511461/apiki-sebut-isu-cacing-dalam-ikan-makarel-rugikan-perusahaan-miliaran

Bagikan Berita Ini

0 Response to "APIKI Sebut Isu Cacing dalam Ikan Makarel Rugikan Perusahaan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.