Search

Air Waduk Saguling Tercemar, Warga Tak Khawatir Memakan Ikan ...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Nandri Prilatama/Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Buldani (45), warga Kampung Cipeuteuy, Desa/Kecamatan Saguling, mengaku tidak merasa khawatir atau takut memakan ikan dari Saguling. Menurut dia, ikan dari Saguling masih bagus dan airnya pun tidak berwarna hitam, tapi masih tampak jernih.

"Gak khawatir, sih. Harusnya, kan, dari kemarin-kemarin jika memang ada zat berbahaya ketika lagi banyak-banyaknya sampah di Sungai Citarum. Alhamdulillah baik-baik saja, kok, ikan dari Saguling," katanya di Saguling, Minggu (4/3).

Iis Aisyah (34), warga Desa Cipangeran, Kecamatan Saguling, pun menegaskan tetap mengonsumsi ikan yang berasal dari Waduk Saguling. Dia mengaku percaya, meskipun ikan itu tercemar oleh zat berbahaya, jika diolah dan dibersihkan dengan baik, tidak akan berbahaya.

Sejumlah nelayan kolam jaring apung (KJA) Waduk Saguling pun tak merasa khawatir terjadi penurunan penjualan ikan. Faruq (35), nelayan KJA dari Kampung Cijati, Desa/Kecamatan Saguling, mengungkapkan, air di KJA Saguling tidak terlihat tercemar oleh sampah atau limbah pabrik karena kondisi airnya masih terlihat bersih dan jernih.

"Airnya biasa saja, ah. Justru sudah 4 tahun tidak ada kejadian mabuk ikan. Dahulu sering terjadi setiap tahunnya, ikan mabuk pada September atau Oktober," katanya kepada Tribun saat ditemui di KJA Saguling Blok Cijati, Minggu (4/3).
Meskipun kondisi air tampak bersih dan biasa, Faruq pun mengaku tetap saja ada kendala yang dihadapi oleh para nelayan, yakni banyaknya rayap air (keleper) yang dapat merusak jaring para nelayan.

"Jadi, saya kira sangat berlebihan jika (dikatakan) ikan di Saguling tak layak. Peminat ikan di sini masih tetap banyak, kok, bahkan dari Cirata pun membelinya ke sini," ujarnya.

Faruq bersama rekan lainnya merupakan warga pribumi yang membuat KJA di Saguling dengam modal seadanya. Berbeda dengan blok KJA lain yang sudah dilakukan oleh pendatang dengan modal yang besar.

Baca: Temui Pedagang di Pasar Kanoman, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jabar.tribunnews.com/2018/03/07/air-waduk-saguling-tercemar-warga-tak-khawatir-memakan-ikan-alhamdulillah-baik-baik-saja

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Air Waduk Saguling Tercemar, Warga Tak Khawatir Memakan Ikan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.