Search

Dosen dan Mahasiswa IPB Teliti Potensi Ikan Gabus sebagai Anti ...

JAKARTA - Dosen dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berkolaborasi meneliti potensi ikan gabus sebagai antioksidan dan antihipertensi. Mereka adalah Dr. Mala Nurilmala dan Dr. Ekowati Chasanah serta mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Ayu Ratih Purnamasari.

Dalam melakukan penelitian ini, mereka bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP). Mereka menggunakan ikan gabus alam dan ikan gabus budidaya untuk membandingkan kandungan protein dan potensinya sebagai antioksidan dan antihipertensi.

BERITA TERKAIT +

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kandungan protein dan aktivitas antioksidan ikan gabus budidaya lebih tinggi dibanding ikan gabus alam. Ikan gabus budidaya juga memilik nilai penghambatan ACE (untuk uji antihipertensi) yang lebih tinggi dibandingkan ikan gabus alam.

“Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ikan gabus alam dan budidaya memiliki kemampuan sebagai antioksidan walaupun kandungannya masih rendah dan antihipertensi dengan kekuatan sebesar 1:10 dari kekuatan obat antihipertensi komersial kaptopril,” kata Dr. Mala seperti dilansir dari laman IPB, Kamis (15/3/2018).

Dr. Mala juga mengungkapkan tujuannya melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi ekstrak protein kasar ikan gabus alam dan budidaya sebagai antioksidan dan antihipertensi.

Menurutnya, ikan gabus memiliki kandungan protein tinggi. Ikan gabus juga berpotensi sebagai antihipertensi karena kandungan protein yang dimilikinya, serta mendukung aktivitas antioksidan karena memiliki kandungan mineral seng, tembaga, dan besi di dalam tubuhnya. Ikan ini termasuk komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dan berpotensi sebagai biofarmaka karena komponen penyusun protein yang lengkap, mempercepat penyembuhan penyakit infeksi, dan peningkatan kadar albumin penderitahipoalbuminemia, serta anti inflamasi. Selain itu, Ikan gabus mengandung asam lemak seperti Eicosapentaenoic acid (EPA), Docosahexaenoid Acid (DHA) yang berperan dalam menjaga fungsi otak dan retina mata.

“Selama ini, ikan gabus lebih banyak ditangkap langsung dari alam. Namun, saat ini ikan gabus sudah mulai dapat dibudidayakan untuk menjaga keberlanjutan ketersediaannya di alam,” ujarnya.

(sus)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://news.okezone.com/read/2018/03/14/65/1872693/dosen-dan-mahasiswa-ipb-teliti-potensi-ikan-gabus-sebagai-anti-hipertensi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dosen dan Mahasiswa IPB Teliti Potensi Ikan Gabus sebagai Anti ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.