Search

Begini Cara Dedi Mulyadi Tarik Pembeli ke Tempat Pelelangan Ikan

INDRAMAYU - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengunjungi tempat pelelangan ikan (TPI) Mina Bahari, Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandang Haur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Tempat pelelangan ikan tersebut sepi pngunjung. Warga juga mengeluh dengan kondisinya yang kurang baik dan sulit dijangkau warga untuk bertransaksi.

BERITA TERKAIT +

Melihat keadaan itu, Dedi Mulyadi memberi saran agar tempat pelelangan ikan itu revitalisasi.

Dedi mengungkapkan fungsi tempat pelelangan ikan sebagai tempat perputaran uang harus dimaksimalkan, karena efeknya bisa memperbaiki taraf ekonomi para nelayan.

“Makanya, selain kita fokus pada revitalisasi pasar tradisional, kita juga fokus ini. Kita lakukan revitalisasi tempat pelelangan ikan,” ujarnya, Senin (26/3/2018).

Dedi menekankan agar tempat pelelangan ikan harus dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti toilet yang memadai. Sehingga, konsumen yang datang ke tempat pelelangan ikan merasa nyaman.

“Sarananya harus didukung dengan toilet yang bersih. Kemudian, ada kios makanan khas di sekitar tempat ini. Bisa nanti jual ikan basah atau ikan kering. Konsumen, terutama kaum ibu nanti punya banyak pilihan, tempat ini bisa jadi rekreatif,” katanya.

Selain itu, lanjut Dedi, , persiapan sumber daya manusia juga tak kalah penting. Dedi menyarankan agar pendidikan karakter ala maritim harus diterapkan ke dalam kurikulum pendidikan di wilayah pesisir.

“Anak-anak sekolah harus diajarkan sejak dini tentang cara menangkap ikan. Bisa secara tradisional maupun modern, keduanya mereka harus bisa. Kemudian juga diajarkan bagaimana cara menjual ikan yang baik. Ini penting diterapkan di daerah pesisir,” tutur Dedi.

Salah satu warga setempat, Husni (45) mengungkapkan bawah akses informasi untuk konsumen ke pelelangan ikan kurang memadai.

“Kalau jalan ke sini sudah bagus Pak. Tapi, gak banyak orang tahu bahwa di sini ada pelelangan ikan,” tambahnya.

(fzy)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://news.okezone.com/read/2018/03/26/525/1877946/begini-cara-dedi-mulyadi-tarik-pembeli-ke-tempat-pelelangan-ikan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Dedi Mulyadi Tarik Pembeli ke Tempat Pelelangan Ikan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.