Search

Riset Pellet Ikan Gurami Menggunakan Limbah Desa, Daulat dan ...

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -

Melalui Riset inovasi tentang Pellet Ikan Gurami Menggunakan Limbah Desa, tujuh
Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) berhasil menorehkan prestasi dengan meraih Medali Emas dan Social Enterprise Award di Ajang International Young Inventors Awards (IYIA) tahun 2018.

Mereka adalah Daulat Purba, mahasiswa Fakultas MIPA Prodi Pendidikan Fisika stambuk 2015 bersama 6 rekan setimnya yakni Wilvan Manalu dari prodi pendidikan Fisika, Nanda Sri cahaya, Dimas Zuhri kurniawan, Elvi sayani, Ratih Dwi Fardilah, dan Rian Rahmansyah dari jurusan pendidikan Kimia.

Kepada Tribun Medan, Daulat Purba mengatakan bahwa tim yang dimotorinya tersebut merupakan satu dari tujuh tim yang diutus UNIMED untuk mengikuti International Young Inventors Awards (IYIA) tahun 2018 di Sanur Bali.

"Ada 7 team, tim saya dapat emas semua di ajang IYIA 2018 yang berlangsung di Sanur, Bali dari tanggal 19-22 September 2018 yang di Selenggrakan oleh INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Asociation)," ujarnya kepada Tribun Medan, Minggu (23/9/2018).

Daulat menuturkan bahwa penelitian mereka tentang Pellet ikan gurami yang menggunakan limbah desa tersebut berawal dari keresahan mereka yang menemukan bahwa banyak masyarakat di Tunggurono yang menutup kolam ikannya.

Setelah mereka mewawancarai salah seorang warga, Daulaylt, dkk pun mencoba melakukan riset sebagai wujud inovasi lewat program kreativitas mahasiswa (PKM).

"Berawal dari kondisi masyarakat Tunggurono yang banyak menutup kolam ikannya, dan yang kami wawancarai bapak Slamet M. Kemudan dilanjutkan PKM yang didanai lalu kami coba ikuti lomba internasional dengan menginovasi di bidang ekonomi sektor forwardnya," terangnya.

Lebih lanjut, Daulat menjelaskan bahwa Riset mereka tentang Pellet ikan gurami yang menggunakan limbah desa dengan sistem forward sector economy ini menggunakan teknologi Mesin 2 input dan 1 output.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://medan.tribunnews.com/2018/09/23/riset-pellet-ikan-gurami-menggunakan-limbah-desa-daulat-dan-timnya-raih-medali-emas-ajang-iyia-2018

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Riset Pellet Ikan Gurami Menggunakan Limbah Desa, Daulat dan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.