Search

Air Kali Bekasi Tercemar, Ribuan Ikan Sapu-Sapu Mati

BEKASI, KOMPAS.com - Ribuan ikan sapu-sapu mati akibat air Kali Bekasi tercemar limbah pabrik dan domestik, Kamis (27/9/2018).

Pantauan Kompas.com, ribuan ikan sapu-sapu yang mati mengambang di tepi Kali Bekasi. Air Kali Bekasi pun berwarna hitam pekat serta mengeluarkan bau yang tak sedap.

Junaidi, salah satu warga di sekitar Kali Bekasi mengatakan, matinya ikan sapu-sapu sudah berlangsung beberapa hari saat air Kali Bekasi berubah warna menghitam.

Baca juga: Air Kali Bekasi Menghitam dan Tercium Bau Tak Sedap

"Ya tiga harian ini lah, ikan-ikan pada mati semua, bukan cuma sapu-sapu, itu ada mujair, sepat juga ada pada mati. Artinya kan benar-benar parah itu kondisinya," kata Junaidi, di sekitar Kali Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Kamis (27/9/2018).

Mulyadi, warga di sekitar Kali Bekasi lainnya mengatakan, bau yang dikeluarkan Kali Bekasi sangat mengganggu, bahkan terkadang membuat dirinya pusing.

"Baunya itu loh Mas, suka pusing-pusing saya, wajar Saja itu ikan pada mati semua, sudah tercemar parah ini kali," ujar Mulyadi.

Baca juga: Tak Hanya Kalimalang, PDAM Harap Kali Bekasi Juga Direvitalisasi

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah mengatakan, kondisi air Kali Bekasi sudah sangat tercemar, bahkan ikan sapu-sapu yang merupakan ikan yang paling kuat bertahan hidup dalam kondisi air kotor, bisa sampai mati.

"Sudah tidak bagus ya parameternya tidak menemui baku mutu, banyak ikan sapu-sapu mati," ucap Kustantinah.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://megapolitan.kompas.com/read/2018/09/27/16114691/air-kali-bekasi-tercemar-ribuan-ikan-sapu-sapu-mati

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Air Kali Bekasi Tercemar, Ribuan Ikan Sapu-Sapu Mati"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.