Search

Kontes Ikan Cupang Digelar di Kediri. Pesertanya dari Taiwan ...

SURYA.co.id | KEDIRI - Penggemar ikan Betta Splendens atau ikan Cupang hias berpartisipasi dalam ajang 5th Kediri Betta Contest bertajuk International Betta Compettions, di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Jumat (2/3/2018)

Peserta Betta Contest ini berasal dari seluruh penjuru Nusantara. Peminatnya, bahkan dari mancanegara, Amerika Serikat, Taiwan dan Singapura.

Ir Sarjana, Ketua panitia 5th Kediri Betta Contest mengatakan pada pelaksanaan kontes betta yang kelima ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu panitia memakai standard nasional, untuk saat ini mereka menggunakan Internasional Betta Congress (IBC).

"Betta Contest ini pertama kali menggunakan standard Internasional Betta Congress (IBC)," bebernya.

Dikatakannya, panitia memakai standardisasi IBC kerena di Kediri banyak perekayasa atau pembudidaya benih ikan Betta.

"Kami telah mempersiapkan sebanyak 500 akuarium ikan Cupang yang dilombakan," ujarnya.

Dipaparkannya, perbedaan standard nasional Betta Contest hanya penampilan ikan yang diutamakan. Meliputi, mulai dari bentuk ikan tidak boleh gemuk, sirip ikan harus sempurna berbentuk bundar 180 derajat. Apabila, tidak memenuhi kriteria dipastikan tidak boleh ikut kontes.

Sehingga, dengan standard nasional maka dikuatirkan banyak peserta yang berpotensi melakukan manipulasi ikan. Misalnya, sirip ikan itu dirapikan memakai alat potong supaya penampilannya sempurna.

Namun kriteria dalam kontes standard IBC ini lebih mengutamakan kombinasi warna pada ikan Betta. Tidak diperkenankan rekayasa pada ikan (Disalon). Apabila ada yang ketahuan terbukti mempermak ikan, secara otomatis gugur atau didiskualifikasi dan itu sangat tidak diperkenankan.

"Standard IBC itu adalah ikan alami dari hasil pembudidayaan," jelasnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/02/kontes-ikan-cupang-digelar-di-kediri-pesertanya-dari-taiwan-hingga-amerika

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kontes Ikan Cupang Digelar di Kediri. Pesertanya dari Taiwan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.