Search

Bos ASF 'Banting Setir' Pelihara Arwana dari Ikan Cupang

Jakarta, CNN Indonesia -- Memimpin perusahaan di salah satu anak usaha Astra International bidang pembiayaan tidak serta merta membuat Direktur Utama PT Astra Sedaya Finance (ASF) Jodjana Jody meninggalkan hobinya. Apalagi, hobi tersebut sudah ditekuninya sejak ia kecil.

Ia mengaku, masih menekuni hobinya memelihara ikan. Namun, beda dulu dengan sekarang. Jika dulu, Jodjana gemar memelihara ikan cupang untuk diadu. Kini, pria kelahiran Jambi tersebut menyukai jenis ikan arwana.

"Saya kan waktu kecil di Jambi, namanya di kampung kan pelihara ikan. Dulu, ikan cupang buat berantem," ujarnya bercerita kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/1).

Bos ASF 'Banting Setir' Pelihara Arwana dari Ikan CupangSalah satu ikan arwana yang dipelihara Jodjana Jody, Direktur Utama PT Astra Sedaya Finance. (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah).

Nah, ketika hijrah ke Jakarta, ternyata kecintaanya terhadap ikan tak luput. Namun, ia memilih untuk memelihara ikan arwana. Alasannya, karena umur ikan arwana dapat mencapai 30 tahun. Selain itu, jenis ikan tersebut dianggap unik, karena hanya mau mengonsumsi hewan hidup.

"Kalau dikasih yang mati, ikan arwana tidak mau," tutur Jody, panggilan akrabnya.

Tak sampai di situ, ia melanjutkan, ikan arwana juga termasuk hewan sensitif dengan kondisi di sekitar. Ia mencontohkan, ketika terjadi gempa pada Rabu (25/1) lalu, ikan peliharaannya terus-menerus bersembunyi di bawah rumput atau di sela-sela rumput yang ada di dalam akuarium.

"Mungkin, sampai satu jam dia bersembunyi, mungkin juga karena dia juga masih merasakan gempa. Jadi, dia meringkuk saja," terang dia.


Kendati demikian, Jody menyadari, memelihara ikan arwana tidaklah murah. Buktinya, ia perlu merogoh kocek sebesar Rp4 juta untuk membeli satu ikan arwana berukuran sekitar 15 cm. Belum lagi, biaya makan dan perawatan setiap bulannya.

"Ikan ini bawel ya, suhu harus 28 derajat celcius. Makannya jangkrik, kelabang, kodok, kecoa. Lalu, harus dilihat lagi ada jamur tidak badannya," katanya.

Meski begitu, kecintaannya terhadap ikan arwana dibuktikannya dengan mengurus dua ikan arwana sekaligus. Bahkan, ia mengaku, ia sendiri yang memberikan makan dan selalu memperhatikan perkembangannya. (bir)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180126162536-83-271828/bos-asf-banting-setir-pelihara-arwana-dari-ikan-cupang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bos ASF 'Banting Setir' Pelihara Arwana dari Ikan Cupang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.