Search

Masuk Angin Teduh, Pasokan Ikan di TPI Ketapang Melimpah

Laporan Wartawan Bangka Pos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Saat ini laut di Kepulauan Bangka sedang memasuki angin teduh.  Di angin teduh ini, tangkapan hasil laut nelayan jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya. 
Air laut yang jernih dan teduhnya angin menjadi penentu utama tangkapan nelayan.

Senada dengan hal itu,  pantauan Bangkapos di Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  Ketapang pada Senin, (26/2/2018) sekitar pukul 01.30 pagi, nampak suasana TPI terlihat ramai dan padat aktivitas. Boxs dan bak berukuran sedang nampak berjejer serta truk pengangkut ikan yang silih berganti berdatangan.

Tampak pula ramai para juru lelang serta pembeli yang sedang bertransaksi dengan hamparan beragam jenis ikan yang menghiasi pelataran TPI ketapang. 

“Musim ini tak susah kita makan ikan, pokoknya kalau ke laut pasti dapat lebih, ini memang musim ikan," kata Sam, Juru lelang yang sudah 43 tahun menggeluti dunia perlelangan ikan.

Ia juga menambahkan dari Januari hingga Juli,  grafik penangkapan ikan para nelayan melonjak drastis. 

Sedangkan september hingga desember jumlah ikan agak sedikit dan mahal. 
Senada dengan itu, Ahmad sang juru lelang lain pun mengatakan bulan ini mereka kebanjiran ikan.

“Aduh,  pusing kepala ku ikan nya belum habis dilelang,  terpaksa harus disimpan lalu dijual murah untuk besok,” ungkapnya di TPI Ketapang.

Ahmad mengungkapkan bahwa ikan ciuw dijual Rp 20 ribu/kg,  sedangkan ikan tenggiri berukuran tiga kilogram bisa dipatok mencapai Rp 50/kg.

Truk yang silih berganti berdatangan menurunkan dan menaikkan berbagai jenis ikan yang siap di lelang pada Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  Ketapang,  Pangkalpinang,  sekitar pukul 01.30 wib,  senin (26/2/2018).
Truk yang silih berganti berdatangan menurunkan dan menaikkan berbagai jenis ikan yang siap di lelang pada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ketapang, Pangkalpinang, sekitar pukul 01.30 wib, senin (26/2/2018). (Bangkapos/Yudha Palistian)

Hasil laut di TPI ini tak hanya berasal dari perairan sekitar Pangkalpinang, tapi juga perairan daerah lain di Pulau Bangka bahkan Palembang. Ada yang dibeli langsung dari nelayan yang berlabuh di dermaga TPI, ada pula yang diantar dengan mobil via jalur darat. (q4) 

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://bangka.tribunnews.com/2018/02/26/masuk-angin-teduh-pasokan-ikan-di-tpi-ketapang-melimpah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Masuk Angin Teduh, Pasokan Ikan di TPI Ketapang Melimpah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.