Search

Tak ingin punah seperti ikan sidat, alasan pemerintah larang ...

Merdeka.com - Bea Cukai bersama Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu (KIPM) dan Bareskrim Mabes Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster (baby lobster) sebanyak 71.982 ekor. Benih ini dibungkus dalam 193 kemasan di terminal keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, (22/2).

BERITA TERKAIT

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mengatakan harga benih lobster akan mencapai jutaan saat sudah besar. Padahal, harga benih hanya kisaran puluhan hingga ratusan ribu Rupiah.

"Kalau kita hitung, baby lobster ini satu ekor dibeli oleh Vietnam Rp 50.000 bahkan Rp 100.000. Tapi kalau dia besar jadi satu kilogram atau setengah kilogram saja harga lobster mutiara itu sudah Rp 2 juta minimal Rp 1 juta," kata Menteri Susi dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat, (23/2).

Menteri Susi menyampaikan, saat ini pemerintah melarang penjualan benih lobster untuk memberikan nilai tambah pada kinerja ekspor Indonesia. Atas kejadian ini, Menteri Susi meminta kerja sama seluruh instansi terkait agar kasus serupa tidak kembali terulang.

Pemerintah tidak ingin mengulang kasus kepunahan ikan sidat. Dia menilai kepunahan ikan sidat ini memiliki pola yang sama dengan lobster. "Dengan begitu terputuslah mata rantai kehidupan si ikan sidat itu di laut dan muara tidak ada lagi, sekarang nyari pun sulit sekali. Sama dengan lobster," tandasnya.

Komisaris Besar Polisi Torna Gogo Sihombing, berjanji pihaknya akan menelusuri pemain penyelundupan benih lobster sampai ke akarnya.

"Kami tetap konsisten kami tidak cukup mengungkap pemainnya. Mengacu pada siapa pemodalnya ke atasnya. Jangan coba coba menyelundupkan itu. Ini hampir sama dengan penyelundupan tindak pidana narkoba. Serapi mungkin. Kita melakukan penyelidikan secara masif akan menemukan jaringan yang lebih besar baik di luar negeri maupun dalam negeri," jelasnya.

[bim]

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.merdeka.com/uang/tak-ingin-punah-seperti-ikan-sidat-alasan-pemerintah-larang-penjualan-benih-lobster.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak ingin punah seperti ikan sidat, alasan pemerintah larang ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.