Search

Ikan Mirip Alien Ini Bisa Memancarkan Cahaya Biru dan Merah Dari ...

Untuk bertahan hidup di laut dalam, beberapa spesies membutuhkan bentuk tubuh yang tidak biasa agar bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Ikan-ikan di sana berevolusi dengan bentuk yang aneh. Bahkan, memiliki metode baru untuk menangkap mangsanya di kegelapan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa satu spesies ikan, bernama triplefin, mampu mengeluarkan cahaya dari matanya. Juga mengubah warna cahaya sesuai dengan kebutuhan berburu.

Penelitian yang dipublikasikan pada RoyalSociety Open Science, menjelaskan bagaimana triplefin memiliki ‘kilau okuler’ yang mampu menangkap  cahaya lalu memantulkanya ke luar dengan tujuan untuk menguntit mangsa.

(Baca juga: Handfish, Ikan 'Bertangan' Langka Ditemukan di Tasmania)

Ikan ini tampaknya memiliki kontrol penuh terhadap daerah pantulan irisnya. Ia juga menyesuaikan warna pantulan cahaya – antara biru dan merah – dengan cepat agar bisa melihat mangsanya dengan lebih baik.

“Ikan triplefin (Tripterygion delaisi) dapat mengganti cahaya matanya menjadi warna merah atau biru. Kami memprediksi, frekuensi pergantiannya bergantung pada rona latar belakang dan keberadaan mangsa,” tulis ilmuwan dalam penelitian tersebut.

Triple fin mampu memancarkan ...Triple fin mampu memancarkan cahaya dari matanya. (Nico K. Michiels, Uni Tübingen/Royal Society Open Science)

“Pada eksperimen pertama, kami menemukan bahwa cahaya biru lebih sering menyala pada latar belakang berwarna merah. Dan kilau merah akan menyala jika latar belakangnya berwarna biru, terutama ketika copepod (kelompok krustasea kecil seperti plankton) muncul.

Eksperimen kedua berusaha menentukan apakah ikan yang belum makan juga bisa mengeluarkan cahaya, tapi ternyata itu tidak terjadi.

(Baca juga: Stargazer, Ikan Bermuka Unik)

Meskipun begitu, semakin jelas bahwa rona latar belakang menjadi faktor utama warna mana yang akan digunakan triplefin. Ini menguatkan teori yang menyatakan bahwa ikan ini memiliki kendali penuh atas “senter” di matanya.

Selain triplefin, masih banyak spesies laut dalam yang memanfaatkan cahaya dengan menarik. Beberapa ada yang bisa melakukan bioluminescence (menghasilkan cahaya sendiri) untuk memancing mangsa atau menunjukkan jalan saat berburu.

Triplefin diklaim sebagai satu-satunya spesies yang dapat mengubah warna pantulan cahaya sesuka hatinya. Itulah yang membuatnya menjadi makhluk spesial. 

(Sumber: nypost.com)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://nationalgeographic.co.id/berita/2018/02/ikan-mirip-alien-ini-bisa-memancarkan-cahaya-biru-dan-merah-dari-matanya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikan Mirip Alien Ini Bisa Memancarkan Cahaya Biru dan Merah Dari ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.