Search

Pemerintah Akan Kumpulkan Pelaku Usaha Ikan Hias Bahas Kemudahan Perizinan - merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berencana akan memanggil seluruh pelaku usaha ikan hias guna membahas mengenai perizinan. Ini dilakukan untuk merespon adanya keluhan dari beberapa pelaku usaha terkait masalah perizinan yang dianggap masih sulit.

BERITA TERKAIT

"Kita akan udang mereka (para pelaku usaha) untuk rapat. Kita minta semua pengusaha sampaikan masalahnya apa, kita lihat satu-satu dan coba diselesaikan dengan Kementerian Lembaga terkait," kata Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman, Agung Kuswandono di ICE BSD, Tanggerang, Minggu (2/12).

Agung mengakui, selama ini memang telah banyak keluhan yang masuk ke pihaknya. Mengenai persoalan izin sendiri, menurutnya beberapa kementerian masih belum terbuka.

"Mungkin dengan mereka sambungannya kurang bagus. Jadi sekarang kita coba lewat Kemenko, kumpul semua. KKP, LHK, pusat, daerah, kita kumpul. Biasanya kumpul gitu solusi keluar," katanya.

Agung menambahkan, mengenai perizinan sendiri memang bukan cuma Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saja yang mengurusi. Namun ada juga oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Perdagangan, serta melalui Pemerintah Daerah.

"Nah ini kita satukan. Misalnya izin ekspor. Nah ini kita bikin satu koridor. Kalau tugasnya di KLHK, ya di sana. Kalau di kemendag ya Kemendag. Kita ini kompor. Intinya perizinan gak boleh banyak. Harus dipangkas," sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menerima keluhan dari pelaku usaha mengenai perizinan yang selama ini dianggapnya masih tumpang tindih di sektor Kementerian Lembaga.

Menanggapi keluhan tersebut, Menko Luhut menekankan akan mendukung dan mempermudah proses perizinan bagi para pengusaha ikan hias. Pihaknya berjanji akan merangkul semua Kementerian atau Lembaga terkait untuk memberikan kemudahan secara izin.

"Saya pikir pemerintah akan bantu. Tadi ada kesulitan yang disampaikan perizinan akan dibuka satu pintu agar mudah. Kalau ada masalah izin beritau saya. Semua perizinan akan dipermudah," kata Menko Luhut. [azz]

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-akan-kumpulkan-pelaku-usaha-ikan-hias-bahas-kemudahan-perizinan.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Akan Kumpulkan Pelaku Usaha Ikan Hias Bahas Kemudahan Perizinan - merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.