Search

Pakai Lampu Buatan KKP, Bisa Tangkap Ikan 4 Kali Lebih Banyak - detikFinance

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuat lampu pancing bernama LEDikan. Pihaknya mengklaim, lampu tersebut mampu menangkap ikan hingga 4 kali lipat banyaknya.

Menurut Peneliti Instrumen Perikanan Pusat Riset Perikanan, Agus Cahyadi alat ini mampu meningkatkan tangkapan hingga empat kali lipat atau dari yang biasanya hanya 25 kilogram (kg) per jam menjadi 100 kg per jam.

"Saat musim ikan, (meningkat) dari 25 kg menjadi 100 kg per satu jam," kata dia kepada detikFinance, Kamis (27/12/2018).


Lebih lanjut, ia memaparkan keunggulan lain dari lampu ini, yakni memiliki daya yang kecil. Hal ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan, lampu tidak boleh memiliki daya lebih dari 16.000 watt.

Adapun, daya lampu LEDikan sendiri bervariasi, mulai dari 60 watt, 120 watt, hingga 240 watt.

"Aturan PermenKP Nomor 71/2016, tidak membolehkan daya di atas 16.000 watt. Saya sudah membuktikan dengan daya kecil hasilnya empat kali lipat," terang dia.


Sementara itu, KKP sendiri mengembangkan LEDikan selama dua tahun. Anggaran yang dikeluarkan pun mencapai Rp 180 juta untuk penelitian hingga sertifikasi.

"Ini dua tahun (penelitiannya). Biayanya Rp 180 juta sudah termasuk uji coba lapangan hingga sertifikasi," jelas Kepala Badan BRSDM, KKP Sjarif Widjaja. (dna/dna)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4361408/pakai-lampu-buatan-kkp-bisa-tangkap-ikan-4-kali-lebih-banyak

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakai Lampu Buatan KKP, Bisa Tangkap Ikan 4 Kali Lebih Banyak - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.