Search

Sungai Batanghari Mulai Surut, Warga Ramai-ramai Menangkul Ikan Mudik - Tribun Jambi

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Luapan Sungai Batanghari yang sempat merendam beberapa wilayah di Kabupaten Muarojambi beberapa waktu lalu, saat ini mulai surut.

Pantauan Tribunjambi.com, Rabu pagi (26/12) di wilayah Sekernan, terpantau air sudah mulai surut dan tidak lagi mengenang di bawah rumah yang notabennya rumah panggung.

Air yang mulai surut tersebut memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pasalnya banyak ikan-ikan kecil yang berkeliaran di pinggir sungai.

Baca: Berada di Muara Sungai Batanghari, Kapolres Tanjabtim Pimpin Apel Siaga Banjir

Baca: Tak ada Perayaan Malam Pergantian Tahun, Pemkab Merangin Gelar Tabligh Akbar

Baca: Video Detik-detik Konser Sheila On 7 Dihentikan Polisi, Ternyata Ini Penyebabnya

Melihat kondisi ini masyarakat beramai-ramai menangkap ikan di pinggir sungai dengan cara menjaring atau biasa disebut oleh masyarakat setempat menangkul ikan mudik.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat desa sekernan, memanfaatkan kondisi debit air sungai yang mulai surut ini beramai-ramai menangkap ikan di pinggir Sungai Batanghari.

Menurut penuturan warga, kegiatan menangkap ikan atau menangkul ikan ini merupakan kebiasaan yang sudah turun temurun dilakukan ketika air Sungai Batanghari, mulai surut setelah banjir.

Warga mulai mencari ikan pasca surutnya air banjir
Warga mulai mencari ikan pasca surutnya air banjir (tribunjambi/syamsul bahri)

"Biasanya ikan mulai banyak ikan kecil setelah air surut, mungkin ikan kecil ini merupakan anak ikan yang menetas saat air besar, dan ada juga ikan yang terbawa dari anak sungai atau dari sawah ke sungai Batanghari," ungkap Mustakin, salah satu warga yang menangkul ikan.

Sementara itu, menurut Jainudin yang juga masyarakat setempat mengatakan kegiatan menangkul ikan ini baru minggu-minggu ini mulai di lakukan oleh masyarakat Desa Sekernan yang tinggal sekitar Sungai Batanghari. Tidak hanya mencari ikan, namun disisi lain kegiatan ini juga untuk mengisi waktu ketika tidak bekerja.

Baca: Terdengar 4 Kali Tembakan, Letkol TNI Dono Tewas di Mobilnya, Anggota TNI Serda JR Langsung Ditahan

Baca: BREAKING NEWS Motif Serda JR Tembak Letkol Dono Hingga Tewas, Sempat Kejar di Jalanan

"Iyo udah ado seminggu ni lah nangkulnyo. Sambilan sebenarnyo, mumpung lagi dak ado gawe, rame-rame kito ngambek ikan," tuturnya.

Informasi dari warga, bahwa diketahui debit air Sungai Batanghari, mulai terlihat surut pada Jumat pagi, (20/12/2018).

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://jambi.tribunnews.com/2018/12/26/sungai-batanghari-mulai-surut-warga-ramai-ramai-menangkul-ikan-mudik

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sungai Batanghari Mulai Surut, Warga Ramai-ramai Menangkul Ikan Mudik - Tribun Jambi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.