Search

Christine Lagarde, "Reinkarnasi Ikan" yang Pertama Kali Pimpin IMF

JAKARTA - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengunjungi Indonesia untuk mengecek persiapan pelaksanaan pertemuan IMF-World Bank Annual Meetings 2018. Namun, selain mengecek tempat tersebut, dia juga menyempatkan diri untuk berkeliling Indonesia, baik untuk memberikan kuliah umum atau untuk mengunjungi pasar ikan.

Christine Madeleine Odette Lagarde adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Managing Director dan Chairman dari International Monetary Fund (IMF). Dia adalah orang ke-11 Eropa yang akan ditunjuk sebagai Kepala IMF.

BERITA TERKAIT +

Lahir pada 1 Januari 1956 di Paris, Prancis, dia merupakan anak dari pasangan Robert Lallouette, seorang profesor Inggris, dan Nicole, seorang guru sastra Latin, Yunani, dan Prancis. Lagarde pun menghabiskan masa kecilnya di Le Havre, bersama tiga saudara laki-lakinya.

Baca Juga: Bos IMF: Di Kehidupan Sebelumnya Saya adalah Seekor Ikan

Lagarde pun mendapatkan beasiswa American Field Service ke Holton Arms School untuk menyelesaikan gelar sarjana muda. Dia bekerja pun magang sebagai asisten kongres William Cohen di Capitol Amerika Serikat.

Lagarde memiliki gelar master dalam bahasa Inggris, undang-undang ketenagakerjaan, dan undang-undang sosial dari Paris West University Nanterre La Défense dan Institut D'études Politiques d'Aix-en-Provence.

Lagarde bergabung dengan firma hukum internasional yang berbasis di Chicago, Baker & McKenzie, dan ditunjuk menjadi ketua Baker & McKenzie di Eropa Barat. Dalam kurun waktu sembilan tahun (1981-1995), dia berada di Komite Eksekutif. Dia adalah perempuan pertama yang menjadi ketua perusahaan.

Christine Lagarde telah menempati berbagai posisi di Kementerian Prancis. Baik itu di Kementerian Pertanian atau Kementerian Perekonomian, Lagarde telah bekerja dengan tekun. Sebagai Menteri Perdagangan, dia memperkenalkan strategi pemasaran baru. Sektor teknologi adalah proyek makannya. Dia menjadi orang pertama di Prancis yang menangani kebijakan ekonomi.

Lagarde pun menjadi perempuan pertama yang menjadi Menteri Keuangan negara G8. Seorang pengacara anti-trust. Lagarde juga telah menduduki beberapa jabatan penting di Pemerintahan Prancis.

Baca juga: Bos IMF Christine Lagarde Temui Presiden Jokowi, Ini Sederet Agendanya

Dia juga menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua Baker & McKenzie, firma hukum internasional. Lagarde dinilai sebagai ‘Menteri Keuangan Terbaik’ di zona euro oleh Financial Times pada 2009.

Tidak berhenti sampai di situ, pada 25 Mei 2011, Lagarde mengumumkan pencalonannya sebagai kepala IMF untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn, yang tersandung skandal pelecehan seksual. Pencalonannya mendapat dukungan dari Pemerintah Inggris, India, Amerika Serikat, Brasil, Rusia, China, dan Jerman. Pencalonannya didukung oleh Pemerintah Amerika Latin, Spanyol, Kanada, dan Australia.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://economy.okezone.com/read/2018/03/03/320/1867525/christine-lagarde-reinkarnasi-ikan-yang-pertama-kali-pimpin-imf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Christine Lagarde, "Reinkarnasi Ikan" yang Pertama Kali Pimpin IMF"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.