Search

Tulang Ikan Nila Jadi Bahan Mahasiswi Ini untuk Buat Serum Anti ...

BANJARMASINPOPST.CO.ID - Mahasiswa farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) membuat penelitian tentang pemanfaatan limbah ikan nila buat serum antiaging (penuaan).

Mereka memilih limbah ikan nila karena ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi masyarakat.

Namanya Muffin Oreo (Serum Fish Bone Oreochromisni loticus For Anti Aging).

Baca: Pendaftar CPNS 2018 Wajib Selfie Saat Masukkan Data, Simak Penjelasan Badan Kepegawaian Negara

 "Kami mendapatkan limbah tulang ikan nila dari pabrik di Gresik. Di pabrik fillet, tulang ikannya dibuang. Jika serum ini nanti bisa diproduksi, pabrik siap mengirimkan," jelas Citra Wahyu surya.co.id, Minggu (22/7/2018).

Bentuk serum ini bening  dan bisa dipakai sebelum memakai make up.

"Diolesi biasa ke wajah," kata Citra.

Baca: Jokowi Ungguli Prabowo Subianto Saat Rakorda Partai Demokrat

Dia menambahkan bahwa serum ini  bisa menghilangkan kerutan. 

Mahasiswa prodi Farmasi, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang Citra Wahyu menunjukkan serum antiaging berhan limbah tulang ikan nila.
Mahasiswa prodi Farmasi, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang Citra Wahyu menunjukkan serum antiaging berhan limbah tulang ikan nila. (Surya/Sylvianita Widyawati)

Proses pembuatannya dengan mencuci tulangnya bersih dan rendam dalam HCl selama 36 jam. Kemudian diekstrasi dengan oven. Tulang ikan nila sebagaimana ikan lain memiliki kolagen yang bisa buat serum.

Citra menjelaskan ada dua tipe kolagen yakni tipe A bisa diperoleh dari babi dan ikan, termasuk ikan nila. Sedangkan  ujicobanya, timnya membuat 27 sampel.

Baca: Ratusan Barang Tak Lazim Diangkut Pakai Truk Besar dari Lapas Sukamiskin

Baca: Ini Curhatan Mezut Oezil Saat Umumkan Pensiun dari Timnas Jerman

Penuaan karena kerutan biasanya mulai muncul di usia 20 tahunan. Hal ini karena kulit terpapar matahari langsung.

Penelitian ini, lanjutnya, dilakukan bersama dua teman yakni Kohita Rahma Perdana dan Indira Hatmanti Puspitasari dengan dosen pembimbing Oktavia Eka MSc Apt. 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Mahasiswa Universitas Brawijaya Buat Serum Antipenuaan dari Tulang Ikan, Pilih Ikan Nila karena ini

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Serum Antipenuaan Buatan Mahasiswa Unibraw Ini Terbuat Dari Tulang Ikan Nila

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/07/23/tulang-ikan-nila-jadi-bahan-mahasiswi-ini-untuk-buat-serum-anti-penuaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tulang Ikan Nila Jadi Bahan Mahasiswi Ini untuk Buat Serum Anti ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.