Search

Serangga Ini Dimanfaatkan jadi Pakan Ikan Lele, Irit 50 Persen

Malang - Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) membudidayakan serangga jenis ceremenje. Serangga masih satu keluarga dengan kecoa ini dimanfaatkan sebagai pakan ikan lele.

Hasilnya, mampu menekan biaya pakan ikan lele sampai 50 persen. Ceremenje memiliki kandungan protein tinggi sekitar 36 persen, bila dibandingkan kecoa biasa yang hanya 18 persen.

Mahasiswa terdiri dari Himatul Ilma Silfia, Iraniar Yuni Arsari, Muhammad Sulthoni Ashari dan Saadatin Nurul Jannah, ini mengangkat suatu sistem pertanian terintegrasi yang disebut 'Integrated Farming and Aquaponic atau SystemInFAc'.

Yakni, sistem integrasi budidaya ikan lele dengan memanfaatkan kotoran unggas dan ceremenje menggunakan sistem aquaponic.

Tonton juga 'Yuk, Belajar Budidaya Lele di Kolam Terpal':

[Gambas:Video 20detik]

"Sistem tersebut memanfaatkan limbah kotoran ayam sebagai media budidaya ceremenje menjadi pakan ikan lele yang murah, sebab saat ini harga pelet semakin naik," terang Hikmatul kepada wartawan, Senin (16/7/2018).

Program InFAc, jelas dia, sudah diterapkan di Desa Tembalang, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, salah satu sentra ayam terbesar di Indonesia.

Penduduk Desa Tembalang rata-rata bekerja sebagai petani. Namun hampir setiap rumah memiliki ayam sebagai ternak peliharaan. Namun, kotoran ayam yang menumpuk masih belum bisa dimanfaatkan dan menimbulkan polusi udara bagi masyarakat sekitar.

"Melalui program InFAc, kotoran ayam yang menumpuk dapat termanfaatkan untuk budidaya ceremenje dan mengurangi polusi udara," sambung Hikmatul.

Hikmatul menambahkan program ini bekerja sama dengan Pemerintah Desa Tembalang dan anggota Karang Taruna Dharma Abadi, untuk membantu mensukseskan langkah awal pemberdayaan masyarakat.

Kehadiran InFAc dirasa sangat membantu dan bermanfaat bagi anggota karang taruna. Sebab mereka menjadi lebih produktif dan dapat berinovasi dalam pemberian pakan ikan lele.

Selain mensosialisasikan secara teori mahasiswa ini juga mendampingi anggota karang taruna untuk mengaplikasikannya.

Serangga Ini Dimanfaatkan jadi Pakan Ikan Lele, Irit 50 Persen

(fat/fat)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://news.detik.com/read/2018/07/16/091729/4116608/475/serangga-ini-dimanfaatkan-jadi-pakan-ikan-lele-irit-50-persen

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serangga Ini Dimanfaatkan jadi Pakan Ikan Lele, Irit 50 Persen"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.