Search

BBKSDA Minta Pemilik Ikan Arapaima agar Menyerahkannya ke ...

TRIBUNMANADO.CO.ID - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur meminta pemilik ikan arapaima untuk menyerahkan peliharaannya ke Balai Karantina Ikan Perak Surabaya terhitung mulai 1 Juli hingga 31 Juli 2018.

Kepala Resort Konservasi Wilayah Mojokerto-Sidoarjo BBKSDA Jatim, Abdul Khalim, menjelaskan imbauan kepada pemilik ikan ini untuk mengantisipasi sekaligus mencegah adanya pelepasliaran ikan arapaima ke alam bebas yang diduga melanggar aturan.

"Ikan arapaima ini tergolong ikan Predator sehingga apabila dilepasliarkan maka berpotensi bisa menganggu ekosistem ikan lokal yang ada di sungai," ujarnya kepada wartawan di kawasan Rolag 9 Mojoanyar Mojokerto, Minggu (1/7/2018).

Khalim mengatakan ikan arapaima yang ditemukan masyarakat di Sungai Brantas Sidoarjo dan di Rolag 9 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto diduga sengaja dilepasliarkan oleh pemiliknya.

Penemuan ikan itu sempat membuat heboh warga hingga berdampak khususnya bagi pencari ikan yang takut tangkapan ikannya berkurang lantaran adanya ikan arapaima di Sungai Brantas.

"Karena itulah kami bersama instansi terkait mengimbau pemilik agar menyerahkan ikan Arapaima dalam tempo satu bulan ke depan hingga 31 Juli 2018," ungkapnya.

Masih kata dia, untuk diketahui BBKSD Jatim hanya sebatas melakukan pendampingan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat.

Pasalnya, ikan arapaima bukanlah termasuk dalam kategori binatang yang dilindungi. Oleh karena itu terkait penanganan ikan Arapaima merupakan sepenuhnya kewenangan dari Balai Karantina Ikan Perak Surabaya.

"Untuk pemiliknya sudah ditemukan dan telah dilakukan pengecekan ke lokasi. Akan tetapi belum diketahui secara pasti siapa yang melepaskan ikan Arapaima di Sungai Brantas," jelasnya.

Berita ini sudah dimuat Surya dengan judul BBKSDA Jatim Minta Pemilik Ikan Arapaima agar Menyerahkan Ikan Itu ke Balai Karantina

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://manado.tribunnews.com/2018/07/01/bbksda-minta-pemilik-ikan-arapaima-agar-menyerahkannya-ke-balai-karantina

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BBKSDA Minta Pemilik Ikan Arapaima agar Menyerahkannya ke ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.