Search

45 Ekor Ikan Besar yang Gegerkan Jawa Timur Dimusnahkan

TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Sebanyak 45 ekor ikan Arapaima yang sempat menggegerkan Sidoarjo, Surabaya dan Mojokerto dimusnahkan dikubur di kawasan Puspa Agro Sidoarjo, Jumat (31/8/2018).

Ikan-ikan yang dimusnahkan itu terdiri dari ikan Arapaima, Aligator, dan beberapa jenis ikan invasif lain yang diamankan dari beberapa sungai, serta yang diserahkan oleh pemiliknya ke Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Surabaya I dan BKIPM Surabaya II.

"Ada yang dari penemuan di sungai, ada juga dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Gresik dan Probolinggo yang diserahkan secara sukarela ke posko penyerahan ikan berbahaya di BKIPM Surabaya I maupun BKIPM Surabaya II," ungkap Wiwit Supriyono, Kasi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi (Wasdalin) BKIPM Surabaya I.

"Dari hasil penyerahan sukarela ke posko BKIPM Surabaya I sebanyak 25 ekor dan posko BKIPM Surabaya II sebanyak 20 ekor," lanjut dia.

Sebelum dimusnahkan, Ikan-ikan tersebut terlebih dulu dilakukan anestesi (pembiuasan) sehingga secara perlahan ikan mati.

Baca: Raja Malaysia Kembalikan Dana Pesta Ulang Tahun Demi Bantu Bayar Utang Negara

Nah, setelah ikan mati baru dimasukkan ke dalam lubang yang sudah disiapkan.

Setelah semua ikan dimasukkan, lubang itu lantas diuruk dengan tanah, layaknya proses penguburan pada umumnya.

Disebutnya, proses pemusnahan dengan cara ini sengaja dipilih karena dianggap lebih praktis dan aman.

"Selain praktis, juga tidak mengakibatkan polusi," tandasnya.

Dalam proses pemusnahan itu, berbagai pihak juga ikut hadir. Termasuk dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHL) Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, Satker PSDKP Surabaya, Wilker BPSPL Surabaya dan para pemilik ikan. (ufi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya http://www.tribunnews.com/regional/2018/08/31/45-ekor-ikan-besar-yang-gegerkan-jawa-timur-dimusnahkan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "45 Ekor Ikan Besar yang Gegerkan Jawa Timur Dimusnahkan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.