Search

Meracik Sajian Ikan Selain Menggorengnya

Jakarta, CNN Indonesia -- Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik bagi tubuh. Tak terlalu sulit untuk mendapatkannya, sumber protein hewani yang satu ini kerap tersaji di meja makan.

Dengan alasan praktis, sebagian besar orang menyajikan ikan dengan cara menggorengnya. Ujung-ujungnya, sajian ikan terasa membosankan. Padahal, ada banyak cara meracik sajian ikan yang tak kalah nikmatinya.

Melansir Food Beast, berikut lima cara mengolah ikan.


1. Rebus

Cara ini mungkin terdengar asing. Namun, merebus ikan bisa jadi trik pengolahan yang pas buat mereka yang sedang menjalani diet. Teknik ini bisa mengurangi jumlah kalori pada ikan.

Caranya mudah. Siapkan panci dan rebus ikan bersama air, daun-daunan sebagai bumbu, air lemon atau jeruk nipis dan sayur-sayuran seperti bawang bombay, seledri, dan wortel.

Saat dirasa sudah matang, angkat panci dari kompor dan biarkan ikan tetap berada dalam air rebusan. Biarkan proses memasak terus berlanjut meski panci sudah tak dipanaskan.

2. Panggang

Cara paling praktis untuk mengolah ikan adalah dengan memanggangnya. Ikan panggang biasanya hadir dengan tekstur yang pas, di mana bagian luar terasa renyah dan kelembutan yang bisa dicecap pada bagian dalam ikan.

Olesi ikan dengan minyak zaitun yang ditambah dengan air lemon dan rempah-rempah lainnya. Taburi garam, lantas ikan siap dipanggang.

Letakkan ikan yang telah diolesi bumbu di atas panggangan. Tunggu dan jangan membalikkan ikan jika kulit belum terlihat mengering.

Tak semua jenis ikan cocok untuk dipanggang. Cari ikan yang telah berbentuk fillet atau ikan berukuran sedang seperti tuna, salmon, dan halibut.

Sebelum memanggangnya, perhatikan tekstur ikan terlebih dahulu. Soalnya, ada beberapa jenis ikan yang tak bisa bersentuhan langsung dengan pemanggangan seperti ikan tilapia yang bakal langsung hacur ketika dipanggang.

3. Goreng dengan sedikit minyak (sauteing)

Menggoreng ikan dengan teknik deed fried tampak membosankan. Dengan teknik itu, ikan terkadang jadi terlalu keras. Tak hanya itu, sebagian besar minyak juga terbuang lantaran tak bisa digunakan untuk menggoreng makanan yang lain.

Penggunaan teflon antilengket dan minyak goreng yang hemat bisa jadi solusi. Panaskan teflon dan beri sedikit minyak. Kemudian, letakkan ikan dan pastikan kulit ikan kering sebelum Anda membaliknya.

4. Panggang dengan oven

Proses memanggang ikan dengan oven menjadi teknik pengolahan ikan tanpa harus mengorbankan banyak hal, termasuk kebersihan dapur. Teknik ini bakal menghasilkan kulit renyah dan daging yang 'juicy' atau berair.

Pemanggangan juga akan lebih mudah sebab suhu bisa diatur sesuai kebutuhan. Untuk 450 gram ikan, dibutuhkan suhu panggangan yang berkisar pada 180 derajat Celcius selama 20-30 menit. Ikan yang lebih besar bakal memerlukan suhu yang lebih tinggi dan waktu pemanggangan yang lebih lama.

Bubuhi ikan dengan garam, lada, dan minyak zaitun. Atau, Anda juga memanggang ikan bersamaan dengan beberapa jenis sayuran dan rempah untuk menambah aroma.

5. Masak kari

Sulit menemukan ikan segar? Tenang saja, ikan beku masih bisa diolah dan dikonsumsi. Ikan-ikan yang masih tersisa di kulkas bisa diolah menjadi kari.

Ikan cukup dimasak dalam bumbu kari antara lain, kunyit, jintan, jahe, dan cabai segar. Pastikan tulang ikan sudah dibuang. Kemudian, Anda tinggal memasaknya hingga daging terasa empuk. (asr/chs)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180814113619-262-322085/meracik-sajian-ikan-selain-menggorengnya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Meracik Sajian Ikan Selain Menggorengnya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.