Search

Lobi Susi Pudjiastuti ke Jepang Agar Bea Masuk Ikan Turun

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melobi Jepang untuk menurunkan bahkan menghapus bea masuk untuk produk perikanan Indonesia. Meski demikian, kementerian menyadari proses ini akan berlangsung panjang dan penuh proses.

"Kami memang terus lobi, tapi tentu tidak serta merta sekarang langsung jadi," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Rifky Effendi Hardijanto saat ditemui dalam acara Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadhan di Mal Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 3 Juni 2018.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Minta Jepang Turunkan Bea Masuk Perikanan RI

Dalam lobi ini, kata Rifky, Kementerian tetap memasang target minimal yaitu penurunan bea masuk, jika tidak bisa dihapuskan. Salah satu poin lobi yaitu dengan meyakinkan Jepang bahwa Indonesia merupakan salah satu negara G20. "Jadi Indonesia ini sudah negara maju, bukan lagi terbelakang, termasuk soal penangkapan ikan," tuturnya.

Rifky menambahkan, Indonesia saat ini memang masih menikmati surplus perdagangan dengan Jepang. Jumlah produk perikanan Indonesia yang diekspor pun sebenarnya masih tergolong tinggi. Tapi Kementerian tetap ingin mengeruk celah dari pasar Jepang yang cukup besar. "Kami tetap ingin dominasi, termasuk di sana," tutur Rifky.

Upaya lobi saat ini telah dimulai dilakukan Susi. Rabu, 30 Mei 2018, Susi bertemu Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono di Tokyo, Jepang. Dalam pertemuan itu, Susi berharap Indonesia diberikan fasilitas bea masuk produk perikanan sebagaimana yang telah diberikan Jepang kepada Thailand dan Vietnam. Menurut dia, rata-rata bea masuk 7 persen selama ini telah membuat produk perikanan Indonesia sulit bersaing di Negeri Sakura itu.

Susi Pudjiastuti menjelaskan Indonesia pantas mendapatkan pembebasan tarif bea masuk ini mengingat Indonesia jauh lebih gencar dalam pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) dibandingkan Vietnam dan Thailand. Ia berpendapat, jika Indonesia dibebaskan tarif bea masuk, manfaat bukan hanya dapat dinikmati pengusaha perikanan Indonesia, tetapi juga pengusaha Jepang yang berinvestasi pada industri pengolahan hasil laut.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://bisnis.tempo.co/read/1094985/lobi-susi-pudjiastuti-ke-jepang-agar-bea-masuk-ikan-turun

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lobi Susi Pudjiastuti ke Jepang Agar Bea Masuk Ikan Turun"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.