Search

Mau Tahu Biaya 'Menghidupi' Ikan Arapaima? Ini Kata Masudin

Jombang - Memelihara ikan Arapaima bukanlah perkara mudah. Ikan ini membutuhkan perlakuan khusus, sehingga tidak heran jika biaya yang dihabiskan untuk 'menghidupinya' bisa mencapai jutaan.

Masudin (45), kolektor ikan Arapaima dari Dusun Ketanen, Desa Banyuarang, Ngoro, Jombang, menjelaskan jika ikan Arapaima harus mendapatkan perlakuan khusus.

Masudin menjelaskan, kolam untuk memelihara ikan Arapaima harus memiliki kedalaman maksimal 1,5 meter dengan sirkulasi air yang teratur.

"Setiap sebulan harus ganti airnya karena sudah keruh. Juga menjaga supaya tak sampai makan plastik. Penyebab ikan ini mati karena memakan plastik yang dibuang pengunjung, plastik kan tak bisa dicerna," terangnya kepada detikcom, Jumat (29/6/2018).


Kebetulan Masudin memiliki kisah pahit ketika 4 dari 9 ekor Arapaimanya mati akibat memakan plastik yang dibuang oleh keluarga pasiennya ke kolam. Sejak saat itu Masudin pun lebih memperhatikan kesejahteraan ikan-ikan peliharaannya.

Untuk pakan ikan Arapaimanya, Masudin mengaku memberikan menu khusus berupa ikan lele. Dalam sehari, Masudin mengaku menghabiskan rata-rata 10 kg ikan lele.

"Pokoknya satu kwintal (100 Kg) ikan lele habis dalam waktu 10 hari," ungkapnya.


Masudin menambahkan, ikan lele untuk pakan Arapaima koleksinya dibeli seharga Rp 20 ribu/kg. Artinya, dalam sehari Masudin harus merogoh kocek Rp 200 ribu untuk makan ikannya saja.

"Kalau sebulan biayanya sekitar 6 juta untuk pakan saja," ujarnya.

Kini Masudin memiliki lima ekor ikan Arapaima. Ukurannya rata-rata 2,1 meter dengan berat mencapai 70-80 Kg. Dari lima ekor ikan Arapaima miliknya, 3 ekor di antaranya jenis Panda, sedangkan 2 ekor lainnya jenis Gigas.
(lll/lll)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://news.detik.com/jawatimur/4089969/mau-tahu-biaya-menghidupi-ikan-arapaima-ini-kata-masudin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Tahu Biaya 'Menghidupi' Ikan Arapaima? Ini Kata Masudin"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.