Search

Kisah Danau Toba, Legenda Putri Jelmaan Ikan dan Letusan ...

Liputan6.com, Jakarta - Danau Toba, Sumatera Utara, tengah menjadi sorotan seiring terjadinya kecelakaan tragis. KM Sinar Bangun karam di Danau Toba pada Senin, 18 Juni 2018. Belum diketahui jumlah pasti penumpang. Sejauh ini yang telah dievakuasi 21 penumpang dan tiga di antaranya meninggal. Tim Geosurvei menemukan objek diduga kapal tersebut di kedalaman 450 meter.

Sungguh dalam Danau Toba, bahkan disebut-sebut sebagai danau terdalam di dunia. Kedalamannya ditaksir 450-500 meter. Danau di ketinggian 900 meter ini seluas 1.145 kilometer persegi, merupakan danau terluas di Asia Tenggara.

Di tengah Danau Toba, seperti dikutip dari laman Indonesia.go.id, terdapat sebuah Pulau Samosir. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil, yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan luas negara Singapura ini menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir.

Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir masih memegang teguh kepercayaan leluhur. Mereka juga masih menjalankan berbagai ritual yang biasa dilakukan nenek moyang dahulu.

Bagi masyarakat Batak setempat, Danau Toba menjadi tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak atau yang biasa disebut dengan Namborru. Setiap kali hendak melakukan kegiatan di sekitar danau, masyarakat akan berdoa dan meminta izin terlebih dahulu agar acara mendapat berkah dan acara dapat berjalan dengan lancar.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

Simak video pilihan berikut ini:

Semenjak hari kedua pencarian korban, kapal Tenggelam KM Sinar Bangun di Perairan Danau Toba, Sumatera Utara, keluarga korban tak henti hentinya melaksanakan ritual doa. Bahkan dibantu oleh paranormal.

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://www.liputan6.com/regional/read/3568847/kisah-danau-toba-legenda-putri-jelmaan-ikan-dan-letusan-gunung-purba

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Danau Toba, Legenda Putri Jelmaan Ikan dan Letusan ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.