Search

Saat Jokowi Tak Paham Apa Itu Ikan Betok dan Ikan Seluang

PALEMBANG - Gelak tawa warga Palembang pecah saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pertanyaan nama-nama ikan kepada seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Seperti biasa, Jokowi memberikan sedikit kuis dan hadiah sepedanya di sela-sela pembagian 5.534 sertifikat tanah untuk masyarakat Sumatera Selatan, Senin (22/1/2018).

Awalnya, Presiden Jokowi meminta tiga orang untuk maju ke atas panggung dengan diberikan tiga pertanyaan yang berbeda. Pertanyaan pertama dilontarkan oleh Jokowi kepada warga Gandus bernama Zul untuk menyebutkan isi Pancasila. Zul dengan lugas dan tepat menjawab pertanyaan Presiden Jokowi sehingga mendapat sepeda.

BERITA TERKAIT +

Yang kedua, Jokowi memberikan pertanyaan kepada Mulyadi warga Kayuagung, Ogan Komering Ilir untuk menyebutkan 7 suku dari 714 di Indonesia. Awalnya Mulyadi menjawab dengan lancar. "Batak, Sunda, Bugis, Ogan, Pegagan," kata Mulyadi.

Namun pertanyaan keenam dan seterusnya Mulyadi dibantu oleh Jokowi denga memberikan kisi-kisi. "Suku yang di Kalimantan, yang begini-begini," ujar Jokowi sembari menari tarian khas dayak.

"Atau Surabaya yang sering jualan sate," ucap Jokowi kembali. 7 suku inipun berhasil disebutkan oleh Mulyadi dibantu oleh Presiden Jokowi.

Saat memberikan pertanyaan 7 nama ikan pada seorang Ibu Rumah tangga bernama Yanti dari Muara Enim, Jokowi sempat terkekeh karena tidak tau dua nama ikan yang disebutkan.

Ibu tersebut menjawab ikan patin, ikan arwana, ikan sepat, dan ikan betok. "Ikan betok tu apa? ikan kecil apa gede," kata Jokowi sambil tertawa "Coba saya kirimkan ikan betok," lanjut Jokowi.

(Baca Juga: Jokowi ke Warga Palembang: Apo Kabar Dulur?)

Kemudian Yanti kembali menyebutkan jenis ikan yang familiar di Sumatera Selatan, yakni ikan seluang. "Ikan apalagi itu ikan seluang, ini ibu sengaja biar saya tidak tahu," gelak Presiden Jokowi diiringi tawa lepas audiens yang hadir.

Ikan betok sendiri dalam bahasa Banjar biasa disebut ikan papuyu, sedangkan ikan seluang dalam bahasa Indonesia yakni ikan lunjar padi yang mudah hidup di air tawar. Meskipun demikian, Jokowi tetap memberikan sepeda kepada tiga orang tersebut.

(kha)

Let's block ads! (Why?)

Baca Berikut nya https://news.okezone.com/read/2018/01/22/340/1848579/saat-jokowi-tak-paham-apa-itu-ikan-betok-dan-ikan-seluang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Saat Jokowi Tak Paham Apa Itu Ikan Betok dan Ikan Seluang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.